BERITA

Berkaitan dengan Kasus Korupsi Mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, KPK Panggil Ketua PDIP Lampung Sudin

254
×

Berkaitan dengan Kasus Korupsi Mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, KPK Panggil Ketua PDIP Lampung Sudin

Sebarkan artikel ini
Terkait Kasus Korupsi Mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, KPK Panggil Ketua PDIP Lampung Sudin
Terkait Kasus Korupsi Mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, KPK Panggil Ketua PDIP Lampung Sudin

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin, akan menjalani pemeriksaan oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai saksi dalam kasus korupsi yang melibatkan mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Pemeriksaan terhadap Sudin direncanakan akan dilaksanakan pada Jumat, 10 November 2023, di Gedung Merah Putih KPK.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri, menjelaskan bahwa Sudin akan diperiksa sebagai saksi terkait kasus korupsi di Kementerian Pertanian yang juga menjerat dua tersangka lainnya.

“Tim penyidik telah menjadwalkan pemanggilan dan pemeriksaan saksi pada hari Jumat, 10 November 2023, di Gedung Merah Putih KPK dengan nama Sudin (Ketua Komisi IV DPR RI),” kata Ali pada Rabu, 8 November 2023.

Baca Juga:  Rahasia Terkuak! KPK Ungkap Motif Pemeriksaan Ketua PDIP Lampung Sudin Setelah Dipanggil Hari Ini

Sudin sendiri memiliki profil yang menarik. Ia menjabat sebagai Ketua DPD PDIP Lampung sejak tahun 2017, menggantikan Sjachroedin ZP.

Pria yang lahir di Tanjungkarang pada 15 November 1964 ini bergabung dengan PDIP sejak tahun 2005.

Pada tahun tersebut, Sudin dipercayakan sebagai bendahara PDIP Lampung. Selain itu, ia juga pernah menjadi Wakil Ketua Bidang Maritim PDIP Lampung pada tahun 2015.

Pendidikan Sudin dimulai dari SD Negeri 01 Panjang pada tahun 1979. Ia kemudian melanjutkan pendidikan di SMP Persiapan Panjang dan lulus pada tahun 1982.

Di jenjang sekolah menengah atas (SMA), Sudin menempuh pendidikan di SMA Utama 2 Tanjungkarang dan lulus pada tahun 1985.

Kemudian, ia melanjutkan pendidikan tinggi di STIE Pengembangan Bisnis dan Manajemen di Jakarta dan berhasil meraih gelar pada tahun 2009.

Baca Juga:  Sumur Bor Sukarelawan Mak Ganjar, Solusi Kebutuhan Air Bersih di Lampung

Sebelum terjun ke dunia politik, Sudin dikenal sebagai seorang pengusaha sukses yang bergerak di berbagai bidang seperti properti, wisata, dan pertambangan.

Ia juga memiliki pengalaman kerja di beberapa perusahaan, termasuk sebagai Area Manager PT Sungai Budi Jakarta, Area Manager PT Wiraniaga Langgeng Jakarta, Direktur PT Langgeng Cakra Lestari Jakarta, dan Direktur PT Gindo Jaya Mitra Abadi Jakarta antara tahun 1993 hingga 1997.

Sudin kemudian menjabat sebagai Direktur PT Cahaya Dewata Persada dan menjadi Komisaris PT Gindo Mitra Pratama Jakarta serta Komisaris PT Gindo Jaya Mitra Abadi Jakarta.

Pada tahun 2004, dia memutuskan untuk terjun ke dunia politik dan mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI.

Baca Juga:  Sinergi Antara Pemkab Lampung Selatan, Komisi IV DPR RI, dan Ditjen KLHK dalam Bimtek Penanganan Sampah di Natar

Meskipun usahanya pada tahun tersebut tidak berhasil, pada tahun 2009, Sudin akhirnya berhasil melangkah ke Senayan dan menjadi pria Tionghoa pertama asal Lampung yang menjadi anggota DPR RI.

Pemeriksaan oleh KPK terhadap Sudin sebagai saksi dalam kasus korupsi Kementerian Pertanian menjadi perhatian publik, mengingat peran dan jabatan penting yang diemban oleh Sudin dalam dunia politik.

Kasus ini akan terus dipantau oleh masyarakat untuk mengetahui perkembangannya selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *