BERITA

Bantuan Eksavator Kelima dari KKP RI untuk Petambak Udang Di Pasena Tulang Bawang

45
×

Bantuan Eksavator Kelima dari KKP RI untuk Petambak Udang Di Pasena Tulang Bawang

Sebarkan artikel ini
Bantuan KKP RI, Petambak Udang Dipasena Tulang Bawang Terima Bantuan Eksavator Kelima
Bantuan KKP RI, Petambak Udang Dipasena Tulang Bawang Terima Bantuan Eksavator Kelima

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Petambak udang di Bumi Dipasena, Kecamatan Rawajitu Timur, Kabupaten Tulang Bawang, Lampung, kembali menerima bantuan berupa eksavator untuk mendukung revitalisasi infrastruktur pertambakan.

Bantuan ini merupakan yang kelima kalinya dari Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KKP-RI).

Serah terima dilakukan di Sekretariat Perhimpunan Petambak Pembudidaya Udang Wilayah Lampung (P3UW Lampung) pada Kamis (9/11/2023), antara pihak KKP dan Kelompok Usaha Perikanan (Pokdakan) Setia Usaha Kampung Bumi Dipasena Utama.

Bantuan kali ini berupa satu unit eksavator long arm merek Komatsu tipe PC 210. Direktur Jenderal Perikanan Budidaya KKP, Tb Haeru Rahayu, melalui saluran telepon, menyampaikan pesan agar eksavator tersebut dimanfaatkan dan dioperasikan dengan maksimal.

Haeru Rahayu juga menekankan pentingnya mengikuti prosedur, petunjuk teknis penggunaan, dan perawatan alat guna memastikan keberlanjutan fungsionalitasnya.

“Semoga bantuan ini dapat memaksimalkan kerja revitalisasi infrastruktur pertambakan Dipasena, harapannya produksi udang Dipasena akan semakin baik lagi,” ujar TB Haeru Rahayu.

Ketua Pokdakan Setia Usaha, Sutikno Widodo, menyampaikan rasa senang dan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam proses serah terima bantuan eksavator.

Ia juga mengucapkan terima kasih khusus kepada KKP dan Ir. Hanan A. Rozak, Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI), yang membantu memfasilitasi bantuan melalui jalur aspirasi.

Acara serah terima turut dihadiri oleh Dinas Perikanan Tulang Bawang dan Penyuluh Perikanan Kecamatan Rawajitu Timur.

Pada kesempatan tersebut, dilakukan pengecekan kelengkapan dan kondisi unit eksavator yang baru diterima. Selanjutnya, dilakukan tes fungsi untuk memastikan bahwa alat berat tersebut dapat beroperasi secara optimal.

Eksavator Komatsu PC 210 merupakan bantuan kelima yang diterima oleh petambak Dipasena dari KKP. Sebelumnya, pada tahun 2020 dan 2021, mereka menerima dua eksavator long arm merek Sumitomo tipe SH210.

Pada tahun 2021, satu unit dredger IMS tipe 7012 turut diberikan, diikuti oleh satu unit eksavator standar merek Sumitomo pada tahun 2022.

Bantuan ini diharapkan dapat terus meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan para petambak udang di Bumi Dipasena.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *