BERITA

Bandara M. Taufiq Kiemas Krui: Magnet Wisata Pesisir Barat, Penerbangan Penuh dengan Wisatawan Mancanegara

74
×

Bandara M. Taufiq Kiemas Krui: Magnet Wisata Pesisir Barat, Penerbangan Penuh dengan Wisatawan Mancanegara

Sebarkan artikel ini
Penerbangan ke Bandara M. Taufiq Kiemas Krui Selalu Penuh, Wisatawan Mancanegara Banjiri Pesisir Barat
Penerbangan ke Bandara M. Taufiq Kiemas Krui Selalu Penuh, Wisatawan Mancanegara Banjiri Pesisir Barat

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Penerbangan pesawat perintis menuju Krui, Kabupaten Pesisir Barat, selalu penuh terisi penumpang di musim turis atau musim berlibur wisatawan mancanegara.

EGM Bandara Radin Inten II Lampung, Untung Basuki, menyatakan bahwa penerbangan pesawat perintis menuju Bandara Muhammad Taufiq Kiemas di Krui dari Bandara Radin Inten selalu penuh beberapa waktu ini.

Menurutnya, jumlah keterisian satu pesawat perintis jenis Cessna Grand Caravan yang digunakan sebagai armada penerbangan perintis bisa mencapai 12 penumpang, dan selalu penuh di setiap jadwal penerbangan.

“Penerbangan perintis ini dilayani oleh Susi Air dalam sepekan sebanyak dua kali di Rabu dan Sabtu, dengan kapasitas sekali terbang 12 orang ini selalu penuh dengan turis mancanegara setiap pekan jadi dalam sepekan bisa mencapai 24 orang penumpang,” kata Untung Basuki, Kamis (18/4/2024).

Dia menjelaskan bahwa penuhnya penerbangan perintis beberapa waktu ini terjadi akibat masuknya musim turis di berbagai objek wisata di Kabupaten Pesisir Barat.

“Penerbangan selalu penuh, karena turis mulai datang untuk berlibur. Harapannya makin banyak maskapai yang menangkap potensi wisatawan yang cukup tinggi terutama di musim turis ini, sehingga perekonomian daerah bisa bertumbuh dengan berkembangnya sektor pariwisata,” ucapnya.

Pada tahun 2024, selain melayani rute Bandara Radin Inten II menuju Bandara Muhammad Taufiq Kiemas di Krui Kabupaten Pesisir Barat, ada juga penerbangan perintis dari Krui menuju Bengkulu.

Layanan transportasi udara tersebut diharapkan dapat mempermudah serta memperlancar konektivitas masyarakat dan wisatawan melalui jalur udara.

Tidak hanya itu, pada tahun ini, landasan pacu Bandara Muhammad Taufiq Kiemas Krui Kabupaten Pesisir Barat juga diperpanjang.

Panjang landasan pacu sebelumnya adalah 1.400 meter, dan pemerintah pusat melakukan penambahan panjang menjadi 1.450 meter.

Sesuai rencana induk (masterplan), seharusnya panjang landasan pacu di Bandara Taufiq Kiemas mencapai sekitar 1.650 meter.

Oleh karena itu, rencananya tahun ini runway akan diperpanjang sampai ukuran panjang sesuai masterplan.

Perpanjangan ini dilakukan agar pesawat jenis ATR dengan kapasitas penumpang sebanyak 72 orang dapat mendarat dengan mudah.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan jumlah pergerakan penumpang pengguna penerbangan perintis di rute Krui.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *