BERITA

Analisis Debat Capres 2024: Prabowo Terbukti Jujur dan Realistis, Sementara Anies dan Ganjar Dinilai Bermacam Retorika

56
×

Analisis Debat Capres 2024: Prabowo Terbukti Jujur dan Realistis, Sementara Anies dan Ganjar Dinilai Bermacam Retorika

Sebarkan artikel ini
Debat Capres 2024, Pengamat Prabowo Jujur dan Realistis, Anies dan Ganjar Banyak Retorika
Debat Capres 2024, Pengamat Prabowo Jujur dan Realistis, Anies dan Ganjar Banyak Retorika

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pengamat politik utama, Ujang Komaruddin, menyoroti Debat Capres perdana yang digelar pada Selasa malam (12/12/2023).

Menurutnya, capres nomor urut 2, Prabowo Subianto, tampil lebih jujur dan realistis dalam menyampaikan data dan fakta.

Ujang mengapresiasi Prabowo karena merasa bahwa dalam debat tersebut, Prabowo mengemukakan berbagai persoalan dengan tujuan untuk kepentingan rakyat, bukan sekadar menyerang atau menyudutkan pihak lain.

“Kalau kita berbicara tentang Prabowo, lebih jujur dan realistis,” ujar Ujang Rabu (13/12/2023), “Tapi, kalau Anies dan Ganjar lebih banyak kampanye dan retorika ya.”

Pengamat tersebut khususnya memuji Prabowo atas ketulusannya ketika membahas Kartu Tani yang diusung oleh Ganjar Pranowo.

Ujang menegaskan bahwa Prabowo mempertanyakan kebijakan pupuk subsidi yang diterapkan oleh Ganjar, yang konon malah menyulitkan petani. Menurut Ujang, hal ini didasarkan pada fakta konkret.

Ungkapan Ujang terus mengalir ketika membahas isu Papua. Menurutnya, Prabowo membahas persoalan di Papua dengan langkah-langkah percepatan pertumbuhan ekonomi, dan analisis tersebut dianggap Ujang sesuai dengan data dan fakta yang akurat.

Salah satu poin yang menarik adalah pengamatan Ujang bahwa Prabowo adalah satu-satunya capres yang tidak mempolitisir isu dalam debat tersebut.

“Prabowo tadi malam juga tidak sebut nama lain seperti Ganjar dan Anies. Justru Ganjar dan Anies lebih mempolitisir,” ungkap Ujang.

Tidak hanya Ujang, Arifki Chaniago, Direktur Eksekutif Aljabar Strategic, juga memberikan pandangannya terhadap penampilan Prabowo dalam debat.

Menurut Arifki, Prabowo tampil santai, tegas, dan tanpa dibuat-buat. Ia menyoroti kepiawaian Prabowo dalam menyampaikan wacana yang menarik dan merespons pertanyaan sensitif dengan sikap yang tenang.

Arifki menekankan bahwa Prabowo tampaknya benar-benar menguasai panggung, menanggapi serangan pertanyaan dengan kejelasan dan ketegasan.

Ia juga menyoroti bahwa Prabowo menjawab pertanyaan mengenai isu Mahkamah Konstitusi dan Hak Asasi Manusia dengan baik dan jujur.

Dengan pengalaman debat yang dimilikinya, Prabowo dianggap lebih rileks dan santai, sehingga mampu menghadapi tantangan dengan percaya diri.

Meskipun demikian, hasil debat tersebut tetap menjadi tontonan menarik bagi masyarakat, sambil menunggu perkembangan selanjutnya dalam kampanye pemilihan presiden yang semakin memanas.