TEKNO

Gelar Pelatihan Digital Internasional oleh Indosat di Wilayah Terluar Indonesia: Memajukan Teknologi di Negeri Terpencil

139
×

Gelar Pelatihan Digital Internasional oleh Indosat di Wilayah Terluar Indonesia: Memajukan Teknologi di Negeri Terpencil

Sebarkan artikel ini
Indosat gelar pelatihan digital bertaraf internasional di wilayah terluar Indonesia
Indosat gelar pelatihan digital bertaraf internasional di wilayah terluar Indonesia

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) baru-baru ini menggelar program pelatihan dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di bawah kerangka Digital Transformation Centers (DTC) Initiatives Framework.

Program ini dilaksanakan bersama dengan Generasi Terkoneksi (GenSi), sebuah inisiatif pelatihan keterampilan digital bagi masyarakat yang tinggal di daerah terluar Indonesia.

Kolaborasi ini melibatkan Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (BPPTIK Kominfo), serta Cisco, sebuah perusahaan teknologi terkemuka di dunia.

Dirancang khusus untuk generasi muda dan perempuan, program ini bertujuan untuk mengatasi kesenjangan digital yang ada di Tanah Air, dengan harapan dapat meningkatkan produktivitas dan kontribusi mereka terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Baca Juga:  Memanfaatkan Keunggulan Terbaru: Panduan Aktivasi Copilot di Windows 10 untuk Pengalaman Asisten AI Microsoft yang Lebih Canggih

Pelaksanaan program GenSi pertama kali dilakukan di Minahasa Utara selama tiga hari, dari tanggal 19 hingga 21 Maret 2024, dan berhasil menarik partisipasi sebanyak 550 peserta secara langsung.

Steve Saerang, SVP Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison, menyatakan bahwa GenSi adalah bentuk nyata dari komitmen Indosat dalam menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia.

Program ini diharapkan dapat membantu mengoptimalkan manfaat kemajuan teknologi dengan mendukung sumber daya manusia yang handal.

Menurut Hary Budiarto, Kepala BPSDM Kominfo, kolaborasi antara BPSDM Kominfo, Indosat, dan Cisco merupakan upaya bersama dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang TIK dalam kerangka ITU Digital Transformative Center Framework.

Baca Juga:  WhatsApp Inovasi Baru: Sesi Percakapan Suara Grup untuk Hingga 32 Pengguna!

Kolaborasi ini diharapkan dapat membuka akses digital bagi talenta muda, perempuan, dan UMKM di wilayah terluar Indonesia, sehingga mereka bisa memperoleh pengetahuan dan keterampilan digital yang diperlukan untuk meningkatkan perekonomian di wilayah tersebut.

Marina Kacaribu, Managing Director Cisco Indonesia, menambahkan bahwa dengan semakin terintegrasinya teknologi dalam kehidupan sehari-hari, penting untuk memberikan edukasi dan meningkatkan keterampilan masyarakat agar setiap individu memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam ekonomi digital.

Dalam kerangka kolaborasi ini, BPPTIK Kominfo bertindak sebagai sponsor bagi pemerintah setempat dan menyediakan fasilitator untuk memberikan pelatihan kepada peserta program GenSi.

Indosat juga mengalokasikan kartu perdana baru dengan akses internet gratis untuk mendukung proses pembelajaran, sedangkan Cisco menjadi penyedia pelatihan dan kurikulum melalui Cisco Networking Academy.

Diharapkan melalui upaya bersama ini, masyarakat di wilayah terluar Indonesia akan semakin mampu menghadapi tantangan dan peluang dalam era digital.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *