TEKNO

Windows 11: Microsoft Mulai Uji Coba Kemampuan Wi-Fi 7

177
×

Windows 11: Microsoft Mulai Uji Coba Kemampuan Wi-Fi 7

Sebarkan artikel ini
Microsoft mulai menguji kemampuan Wi-Fi 7 di Windows 11
Microsoft mulai menguji kemampuan Wi-Fi 7 di Windows 11

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Microsoft saat ini tengah menguji dukungan Wi-Fi 7 di dalam Windows 11 Insider Preview Build 26063.

Meskipun masih dalam tahap uji coba, rilis ini terbatas pada Saluran Canary, dengan kemungkinan peluncuran untuk pengguna Saluran Dev dalam beberapa minggu ke depan.

Selama beberapa dekade terakhir, perangkat komputer telah mengandalkan Wi-Fi 5. Namun, produsen perangkat keras dan penyedia layanan internet kini mendorong transisi ke Wi-Fi 6 dan Wi-Fi 6E.

Standar konektivitas generasi berikutnya ini membawa kecepatan hingga 9,6 Gbps, hampir tiga kali lipat dari kecepatan maksimum Wi-Fi 5.

Platform Wi-Fi 6E juga memanfaatkan pita 6GHz, memperkenalkan jalur baru untuk lalu lintas internet yang mengurangi kemacetan jaringan.

Meskipun kecepatan internet rumah rata-rata hanya sekitar 224Mbps, beberapa laptop dan smartphone kelas atas kini dilengkapi dengan konektivitas Wi-Fi 7, menawarkan throughput teoritis maksimum lebih dari 40Gbps.

Namun, router Wi-Fi 7 umumnya hanya mengiklankan kecepatan nirkabel 19Gbps, meskipun jelas bahwa Wi-Fi 7 saat ini berlebihan untuk rata-rata pengguna pada tahun 2024.

Namun, produk Wi-Fi 7 sudah mulai muncul di pasaran, termasuk beberapa laptop Windows 11.

Microsoft kini berusaha memenuhi permintaan akan konektivitas Wi-Fi 7 baik dari segi bisnis maupun individu.

Oleh karena itu, Microsoft sedang menguji Wi-Fi 7 di Windows 11.

Peluncuran serupa untuk Windows 10 tampaknya tidak mungkin terjadi. Beberapa rumor tentang Wi-Fi 7 di Windows 10 ada yang positif, namun ada juga yang sebaliknya.

Oleh karena itu, produsen kemungkinan besar tidak akan menyertakan kartu Wi-Fi 7 di laptop Windows 10, dan router Wi-Fi 7 masih akan relatif jarang ditemui ketika Windows 10 mencapai akhir masa pakainya pada Oktober 2025.

Penting untuk dicatat bahwa saat ini pengujian konektivitas Wi-Fi 7 hanya tersedia di dalam Windows 11 Insider Preview Build 26063.

Build ini eksklusif untuk Saluran Canary, sementara Microsoft menggunakan Saluran Dev untuk menyiapkan jalur servisnya untuk pembaruan fitur tahunan Windows 11 24H2.

Pengguna Windows 11 arus utama diharapkan akan mendapatkan dukungan Wi-Fi 7 akhir tahun ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *