TEKNO

Upaya Bersama Indosat dan Cisco untuk Menangkal Ancaman Serangan Siber Melalui Pelatihan Cybersecurity

42
×

Upaya Bersama Indosat dan Cisco untuk Menangkal Ancaman Serangan Siber Melalui Pelatihan Cybersecurity

Sebarkan artikel ini
Antisipasi maraknya serangan siber, Indosat dan Cisco gelar pelatihan cybersecurity
Antisipasi maraknya serangan siber, Indosat dan Cisco gelar pelatihan cybersecurity

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Data Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mencatat lonjakan kasus serangan siber di Indonesia mencapai angka mengkhawatirkan sebanyak 361 juta selama tahun 2023.

Dalam menghadapi tantangan ini, kebutuhan akan tenaga ahli di bidang cybersecurity menjadi sangat mendesak.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyoroti kebutuhan global akan 245 juta ahli digital, sementara Indonesia sendiri berambisi untuk menghasilkan sembilan juta talenta digital muda pada tahun 2030.

Melihat urgensi ini, Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) bersama dengan mitra strategis, Cisco, mengambil inisiatif proaktif dengan menggelar program pelatihan cybersecurity melalui IDCamp.

Program ini tidak hanya menjadi bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) Indosat, tetapi juga mendukung pilar Pendidikan Digital.

Pelatihan ini terdiri dari tiga program unggulan, yakni Introduction to Cybersecurity, Networking Basic, dan Networking Devices and Initial Configuration.

Dengan fokus pada sertifikasi Cybersecurity Cisco Certified Support Technician (CCST), peserta akan dipersiapkan untuk peran awal, seperti Analis atau Teknisi Cybersecurity, serta dukungan Help Desk.

Steve Saerang, SVP – Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison, menyatakan bahwa di era digital ini, keamanan cybersecurity bukan lagi sekadar pilihan, melainkan suatu keharusan.

Inisiatif pelatihan ini bertujuan untuk membekali talenta digital agar tidak hanya kompeten tetapi juga relevan dalam menghadapi ancaman keamanan yang terus berkembang.

Joseph Lin, Head of Global Partner Strategies and Planning, Corporate Affairs Cisco, menegaskan bahwa lewat inisiatif ini, Cisco berkomitmen memberikan pembekalan kepada talenta muda.

Mereka akan diberi keahlian yang diperlukan untuk menjaga data dan jaringan komputer dari ancaman cyberattack yang semakin kompleks, serta mengurangi risiko pelanggaran data.

Program pelatihan ini juga menjadi kelas terbaru IDCamp, di mana lebih dari 90 ribu developer saat ini dapat mengakses Learning Path Cybersecurity di website IDCamp.

Dengan target awal melatih 50 ribu peserta pada tahun pertama, kolaborasi strategis antara Indosat dan Cisco berencana meningkatkan jumlah peserta hingga mencapai 200 ribu dalam tiga tahun mendatang.

Langkah ini diharapkan dapat membentuk barisan ahli cybersecurity yang tangguh dan responsif dalam menghadapi tantangan masa depan di dunia digital yang terus berkembang.