TEKNOTIPS

Trik Mengatasi Masalah Layar iPhone atau iPad yang Tidak Mau Berputar

147
×

Trik Mengatasi Masalah Layar iPhone atau iPad yang Tidak Mau Berputar

Sebarkan artikel ini
Cara memperbaiki layar iPhone atau iPad tidak mau berputar
Cara memperbaiki layar iPhone atau iPad tidak mau berputar

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Layar iPhone dan iPad dirancang untuk berputar sesuai dengan cara pengguna memegang perangkatnya, baik dalam mode potret maupun lanskap.

Namun, terkadang layar tersebut dapat terkunci pada satu mode tertentu dan tidak mau berputar meskipun pengguna sudah mencoba memutar perangkatnya.

Berikut adalah beberapa cara untuk memperbaiki masalah ini.

1. Matikan Kunci Orientasi iPhone

Jika layar iPhone Anda terkunci dalam mode potret dan tidak mau berputar ke mode lanskap meskipun Anda sudah memegang ponsel ke samping, kemungkinan penyebabnya adalah Kunci Orientasi Potret.

Anda dapat menonaktifkan fitur ini melalui Pusat Kontrol iOS.

  • Jika Anda menggunakan iPhone X dengan takik, usap ke bawah dari sudut kanan atas layar untuk membuka Control Center. Jika Anda menggunakan iPhone 8 atau perangkat yang lebih lama dengan tombol Home fisik, usap ke atas dari bagian bawah layar untuk membuka Control Center.
  • Di Control Center, cari ikon yang terlihat seperti kunci dengan lingkaran di sekelilingnya. Jika Kunci Orientasi Potret diaktifkan, ikon ini akan ditampilkan dengan latar belakang putih. Ketuk tombol “Portrait Orientation Lock” untuk menonaktifkannya.
  • Anda akan melihat pesan “Portrait Orientation Lock: Mati” di bagian atas Control Center. Sekarang, ketika Anda memutar iPhone ke samping, perangkat iOS akan beralih ke format lanskap.

2. Matikan Kunci Rotasi iPad

Berbeda dengan iPhone, iPad dapat dikunci dalam orientasi lanskap dan potret, yang disebut sebagai Kunci Rotasi.

Untuk mematikan Kunci Rotasi pada iPad, Anda dapat menggunakan metode yang sama seperti pada iPhone.

  • Jika Anda menggunakan iOS 12, iPadOS 13, atau yang lebih baru, usap ke bawah dari sudut kanan atas layar.
  • Jika Anda menggunakan iOS 11, klik dua kali tombol Home untuk membuka Pengalih Aplikasi dan area Pusat Kontrol di sebelah kanan. Jika Anda menggunakan iOS 10 dan yang lebih lama, usap ke atas dari bagian bawah layar.
  • Ketuk tombol “Rotation Lock” (tombol ini memiliki ikon gembok dengan lingkaran di sekelilingnya) untuk mengalihkan kunci rotasi. Tombol ini akan ditampilkan dengan latar belakang putih ketika diaktifkan dan pesan “Rotation Lock: Off” akan ditampilkan jika dinonaktifkan.

3. Mulai Ulang Aplikasi

Jika Anda telah menonaktifkan Kunci Orientasi atau Rotasi, tetapi masih menghadapi masalah yang sama, Anda perlu memeriksa aplikasi yang Anda gunakan.

Jika aplikasi tersebut mengalami masalah, Anda harus keluar dan memulai ulang aplikasinya.

  • Pertama-tama, akses App Switcher di iPhone atau iPad Anda.
  • Jika Anda menggunakan iPhone atau iPad yang lebih baru tanpa tombol Home, gesek ke atas dari bilah Utama dan tahan beberapa saat untuk membuka Pengalih Aplikasi. Jika iPhone atau iPad Anda memiliki tombol Home, klik dua kali.
  • Cari aplikasi yang ingin Anda hentikan, lalu usap ke atas pada pratinjau. Cari aplikasi tersebut di layar Utama dan buka kembali. Jika masalahnya ada pada aplikasi, seharusnya Anda sudah dapat memutar layar iPhone atau iPad.

4. Mulai Ulang iPhone atau iPad

Jika masalah terus berlanjut di beberapa aplikasi, mungkin ada bug pada iPhone atau iPad Anda.

Biasanya, reboot sederhana dapat mengatasi masalah tersebut.

  • Pada iPhone atau iPad dengan perangkat lunak Bilah Utama, Anda dapat melakukannya dengan menekan dan menahan tombol “Volume Naik” atau “Volume Turun” bersamaan dengan “Tombol Samping” untuk membuka menu “Geser ke Matikan.”
  • Pada iPhone dan iPad dengan tombol Home fisik, Anda bisa menekan dan menahan “Tombol Tidur/Bangun.” Geser ke “Daya Mati” untuk mematikan perangkat.
  • Kemudian, tekan “Tombol Tidur/Bangun” atau “Tombol Samping” untuk menyalakan perangkat iOS atau iPadOS. Setelah perangkat melakukan boot ulang, masalah ini seharusnya sudah teratasi.

5. Atur Ulang Semua Pengaturan

Jika masalah masih berlanjut, Anda dapat mencoba mengatur ulang pengaturan iOS atau iPadOS Anda.

Ini juga merupakan cara terbaik untuk mengatasi beberapa masalah dan bug yang tidak dapat diidentifikasi, termasuk masalah kunci rotasi.

  • Buka aplikasi Pengaturan dan masuk ke “Umum” > “Atur Ulang.” Lalu ketuk “Atur Ulang Semua Pengaturan.”
  • Pada layar berikutnya, masukkan kode sandi perangkat Anda untuk mengonfirmasi pengaturan ulang semua pengaturan. Setelah iPhone atau iPad melakukan boot ulang, masalah rotasi layar seharusnya sudah teratasi.

Jika masalah tetap ada setelah mengatur ulang pengaturan, Anda dapat memilih opsi terakhir, yaitu “Hapus Semua Konten dan Pengaturan” untuk memulai dari awal.

Namun, pastikan Anda membuat cadangan data terlebih dahulu karena langkah ini akan menghapus semua data pribadi dan aplikasi.

Semoga salah satu dari langkah-langkah di atas dapat memperbaiki masalah kunci orientasi pada iPhone atau iPad Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *