TEKNOTIPS

Solusi Mudah Mengatasi Masalah Pengontrol PS4/PS5 Tidak Bisa Mengisi Daya

168
×

Solusi Mudah Mengatasi Masalah Pengontrol PS4/PS5 Tidak Bisa Mengisi Daya

Sebarkan artikel ini
Penyebab pengontrol PS4PS5 tidak dapat mengisi daya, begini cara memperbaikinya
Penyebab pengontrol PS4PS5 tidak dapat mengisi daya, begini cara memperbaikinya

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Para pemain game yang sering menghabiskan waktu bermain di konsol PlayStation tentu mengerti betapa frustrasinya ketika mengalami masalah dengan pengontrol yang tidak bisa diisi daya.

Meskipun pengontrol PlayStation seperti DualShock 4 dan DualSense termasuk yang terbaik di pasaran, kadang-kadang perangkat ini juga bisa mengalami masalah dan berhenti berfungsi.

Salah satu masalah yang paling umum terjadi adalah pengontrol yang tidak bisa diisi daya.

Ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebabnya, tergantung pada jenis pengontrol yang digunakan, dan masing-masing masalah memiliki solusi yang khusus.

Penyebab Umum Pengontrol PS4/PS5 Tidak Bisa Diisi Daya

  1. Koneksi Salah: Koneksi antara pengontrol dan konsol bisa menjadi penyebab utama. Ini sering kali disebabkan oleh masalah pada kabel USB pengontrol atau port USB di konsol.
  2. Masalah pada Pengontrol: Terkadang, masalah sebenarnya ada pada pengontrol itu sendiri. Baik DualShock 4 maupun DualSense memiliki baterai internal yang tidak dapat diganti oleh pengguna. Jika baterai rusak, pengontrol tidak akan bisa diisi daya dengan baik atau hanya bisa menahan daya yang sangat sedikit, dan dalam kasus ini, pengontrol mungkin perlu diganti.
  3. Firmware yang Tidak Diperbarui: Jika firmware konsol tidak diperbarui, ini juga bisa menjadi penyebab masalah.

Cara Memperbaiki Pengontrol yang Tidak Bisa Diisi Daya di PS4/PS5

Setelah mengidentifikasi kemungkinan penyebab masalah, langkah selanjutnya adalah mencari solusi.

Untuk masalah koneksi yang buruk, cobalah untuk mengganti kabel USB dan sambungkan pengontrol yang berbeda.

Jika ini memperbaiki masalah, maka masalahnya mungkin ada pada kabel pengisian daya atau pengontrol itu sendiri.

Selain itu, coba juga ganti port USB pada konsol. Jika pengontrol mulai berfungsi, itu mungkin berarti ada masalah pada port USB konsol yang mungkin rusak atau kotor. Ingat untuk mematikan konsol sebelum membersihkan port tersebut.

Periksa baik port pada pengontrol maupun port pada sistem. Jika terdapat kotoran, coba bersihkan port tersebut menggunakan alat seperti tusuk gigi, spudger, atau semprotan udara.

Bagi yang telah mencoba semua cara di atas, langkah terakhir adalah memeriksa apakah konsol PlayStation memiliki firmware yang paling baru.

Memperbarui Firmware PlayStation

Meskipun firmware pada DualSense secara otomatis diperbarui, ada kemungkinan kita melewatkan pembaruan tersebut.

Untuk memperbarui firmware PlayStation, gunakan kabel USB-C untuk menghubungkan pengontrol ke konsol, lalu ikuti instruksi yang muncul di layar, biasanya ada pilihan “Perbarui Sekarang”.

Kamu juga bisa masuk ke menu Pengaturan pada konsol, lalu pilih opsi Aksesori dan Pengontrol untuk mencari opsi Perangkat Lunak Perangkat Pengontrol Nirkabel dan memperbarui firmware dari sana.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, pemain dapat mengatasi masalah umum pengontrol PlayStation yang tidak bisa diisi daya dan kembali menikmati permainan favorit mereka tanpa kendala.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *