TEKNO

Revolusi Kecepatan Transfer Kartu SD Baru: 2GB per Detik, Standar Baru Tercapai!

71
×

Revolusi Kecepatan Transfer Kartu SD Baru: 2GB per Detik, Standar Baru Tercapai!

Sebarkan artikel ini
Standar kartu SD baru dapat menggandakan kecepatan, bisa transfer maksimum hingga 2GB per detik
Standar kartu SD baru dapat menggandakan kecepatan, bisa transfer maksimum hingga 2GB per detik

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Asosiasi Kartu Secure Digital (SD) baru-baru ini merilis spesifikasi terbaru mereka, SD Express 9.1, yang menandai langkah besar dalam pengembangan teknologi kartu SD.

Spesifikasi terbaru ini mendefinisikan standar baru yang ditingkatkan, membawa peningkatan signifikan dalam hal kecepatan dan daya kelola.

Berikut adalah beberapa poin penting yang perlu Anda ketahui tentang inovasi yang ditawarkan oleh SD Express 9.1.

Kecepatan Transfer Maksimum 2GB/s

Salah satu fitur unggulan dari SD Express 9.1 adalah kecepatan transfer maksimumnya yang mencapai 2GB per detik.

Ini merupakan perkembangan besar, karena spesifikasi ini mengadopsi arsitektur PCIe 4.0 dan NVMe.

Dengan demikian, kartu SD Express 9.1 mampu menggandakan kecepatan transfer data dari generasi sebelumnya, memberikan pengguna pengalaman yang lebih cepat dan efisien dalam memindahkan data dari dan ke perangkat mereka.

Sistem Pelabelan Baru

Spesifikasi 9.1 juga memperkenalkan sistem pelabelan baru yang dirancang untuk memberikan informasi tentang kelas kecepatan yang dibutuhkan oleh setiap perangkat dan apa yang didukung oleh setiap kartu SD Express.

Terdapat empat tingkatan kecepatan yang mencakup kecepatan baca atau tulis minimum, mulai dari 150MB/s hingga 600MB/s.

Ini memungkinkan pelanggan untuk memilih kartu yang sesuai dengan perangkat mereka, sehingga mereka dapat memaksimalkan potensi kecepatan transfer data.

Dukungan Multi-Aliran

Salah satu fitur inovatif lainnya yang ditawarkan oleh SD Express 9.1 adalah dukungan untuk aliran data simultan.

Hal ini memungkinkan pengguna untuk merekam dan mentransfer beberapa feed data ke dalam kartu SD jika kecepatan data total mereka tidak melebihi kelas kecepatan kartu.

Dengan kata lain, pengguna dapat melakukan beberapa tugas sekaligus tanpa harus mengorbankan kecepatan transfer.

Manajemen Daya dan Termal

Asosiasi Kartu SD juga memperkenalkan sistem manajemen daya dan termal yang baru dalam spesifikasi 9.1. Ini bertujuan untuk melindungi kartu SD dari kerusakan yang disebabkan oleh panas berlebihan.

Kasus seperti pembaca kartu SD PC gaming genggam yang berhenti berfungsi karena panas yang berlebihan akan menjadi hal yang lebih jarang terjadi berkat fitur ini.

Penanggulangan masalah panas baru ini mencakup dua aspek utama. Pertama, kartu SD dapat memberi tahu perangkat host tingkat daya maksimum yang diinginkan berdasarkan kelas kecepatan dan mode bus PCIe.

Ini membantu perangkat keras mengalokasikan daya dengan efisien saat membaca dan mentransfer data.

Kedua, kartu SD di bawah spesifikasi 9.1 dapat memberikan informasi mengenai batas termal yang unik, yang dapat bervariasi karena perbedaan dalam kinerja, struktur, dan bahan.

Dengan demikian, perangkat masa depan dapat memberikan kecepatan optimal sambil terus memantau tingkat panas.

Meskipun spesifikasi SD Express 9.1 memerlukan perangkat keras baru, diharapkan akan membutuhkan waktu sebelum kartu SD dan pembaca yang mendukung kecepatan baru ini mencapai pasar secara luas.

Asosiasi telah mengungkapkan rencananya untuk merilis spesifikasi yang memungkinkan kecepatan transfer hingga 4GB/s, menandakan komitmen mereka untuk terus memajukan teknologi kartu SD.

Dengan SD Express 9.1, kita dapat melihat masa depan yang lebih cepat, efisien, dan andal dalam pengelolaan data di berbagai perangkat.

Seiring dengan perkembangan teknologi kartu SD, kita dapat menantikan pengalaman pengguna yang semakin baik dan kemampuan transfer data yang semakin cepat.