TEKNOTIPS

Rahasia Mengungkap Nomor IMEI di Ponsel Android yang Harus Kamu Ketahui!

105
×

Rahasia Mengungkap Nomor IMEI di Ponsel Android yang Harus Kamu Ketahui!

Sebarkan artikel ini
Rahasia Mengungkap Nomor IMEI di Ponsel Android yang Harus Kamu Ketahui!
Rahasia Mengungkap Nomor IMEI di Ponsel Android yang Harus Kamu Ketahui!

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pengguna gadget, terutama pengguna smartphone, pasti sudah tidak asing dengan istilah International Mobile Equipment Identity (IMEI).

Nomor internasional yang terdiri dari 15 digit ini bukan hanya sekadar deretan angka, melainkan memiliki fungsi yang sangat penting dalam sebuah perangkat gadget. Dapat dikatakan IMEI adalah sebuah sidik jari pada perangkat gadget.

Perlu dipahami bahwa dari 15 digit angka tersebut, 8 digit pertama merupakan Type Allocation Code yang dialokasikan oleh Global System for Mobile Association (GSMA).

Fungsi utama dari kode ini adalah untuk mengidentifikasi perangkat gadget yang tersambung ke jaringan selular. Artinya, setiap perangkat memiliki IMEI yang unik.

Saking pentingnya IMEI, setiap kali seorang pengguna membeli perangkat baru, langkah pertama yang wajib dilakukan adalah mengecek nomor IMEI.

Tujuannya adalah untuk memastikan perangkat tersebut memiliki IMEI yang sudah terdaftar di Kementerian Perindustrian.

Jika IMEI belum terdaftar, maka akses perangkat tersebut bisa dipastikan akan mengalami pembatasan akses dan tidak akan bisa terkoneksi dengan operator seluler yang beroperasi di Indonesia atau bahkan bisa terblokir.

IMEI juga berperan penting dalam mengetahui apakah perangkat tersebut legal atau ilegal, karena banyak perangkat yang dijual melalui jalur-jalur ilegal seperti black market.

Selain itu, IMEI juga berfungsi sebagai salah satu instrumen keamanan perangkat. Misalnya saja, jika smartphone Anda dicuri oleh orang lain, Anda dapat meminta penyedia jaringan seluler yang Anda gunakan untuk menguncinya dari jarak jauh.

Hal ini akan mencegah si pelaku dari melakukan panggilan atau menggunakan perangkat tersebut untuk terhubung ke jaringan seluler.

Dengan demikian, perangkat tersebut akan terblokir dan menjadi tidak berguna bagi si pencuri.

Informasi lain yang dapat didapatkan melalui nomor IMEI adalah negara asal, produsen, dan nomor model perangkat Anda.

Cara menemukan nomor IMEI di ponsel Android, kamu wajib tahu
Cara menemukan nomor IMEI di ponsel Android, kamu wajib tahu

Semua informasi tersebut bisa dengan mudah diakses jika Anda tahu Nomor IMEI perangkat Anda.

Untuk mengetahui Nomor IMEI, Anda bisa melihatnya di ponsel melalui fitur pengaturan. Selain itu, Nomor IMEI juga biasanya terdapat pada kemasan perangkat saat Anda membelinya.

Jadi, pastikan Anda menyimpan kemasan dengan baik untuk referensi di masa depan.

Namun, jika kemasan perangkat telah terbuang, jangan khawatir. Ada beberapa cara lain untuk mengetahui nomor IMEI ponsel Android Anda.

Berikut adalah dua cara mudah untuk menemukannya:

  1. Menggunakan Kode Dial:
    • Buka aplikasi ponsel Android Anda.
    • Buka dialer manual atau tempat Anda memasukkan nomor telepon biasanya.
    • Ketik *#06#. Anda tidak perlu menekan tombol panggil, cukup ketik kode tersebut.
    • Setelah itu, sebuah jendela akan muncul secara otomatis, menampilkan beberapa kode, termasuk nomor IMEI.
    • Jendela tersebut akan mencakup nomor IMEI dalam bentuk numerik dan juga dalam bentuk kode batang yang dapat dipindai. Jika Anda memiliki ponsel lain, Anda dapat mengambil gambarnya sebagai catatan. Jika tidak, cukup catat nomornya dan simpan di tempat yang aman.
  2. Menggunakan Fitur Pengaturan:
    • Buka menu Pengaturan pada ponsel Anda.
    • Gulir ke atas dan ketuk opsi “Tentang Ponsel” atau “Tentang Perangkat”.
    • Cari nomor IMEI Anda dalam daftar informasi yang muncul.
    • Nomor IMEI dapat ditemukan di menu “Tentang Ponsel” pada hampir semua ponsel Android, apa pun pabrikannya. Namun, perlu diingat bahwa ada beberapa model Samsung yang lebih tua yang memiliki menu “Status” di dalam menu “Tentang Ponsel” yang berisi nomor IMEI.

Dengan mengetahui Nomor IMEI ponsel Anda, Anda dapat merasa lebih aman dan percaya diri dalam menggunakan perangkat tersebut.

Selain itu, jika suatu saat terjadi kehilangan atau pencurian, Anda dapat dengan mudah mengambil tindakan untuk mengamankan perangkat Anda dari jarak jauh.

Ingatlah untuk selalu menyimpan nomor IMEI dengan aman sebagai bagian dari tindakan pencegahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *