TEKNO

Perubahan Penting: Microsoft Putuskan Untuk Menghapus Subsistem Windows untuk Android, Inilah Alasannya

25
×

Perubahan Penting: Microsoft Putuskan Untuk Menghapus Subsistem Windows untuk Android, Inilah Alasannya

Sebarkan artikel ini
Microsoft mengumumkan subsistem Windows untuk Android bakal dihilangkan, ini alasannya
Microsoft mengumumkan subsistem Windows untuk Android bakal dihilangkan, ini alasannya

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Salah satu fitur utama yang diunggulkan saat Windows 11 diluncurkan adalah kemampuannya untuk menjalankan aplikasi Android.

Namun, para pengguna harus segera bersiap, karena Microsoft telah mengumumkan rencananya untuk menghilangkan dukungan resmi untuk fitur tersebut.

Kemampuan untuk menjalankan aplikasi Android melalui Amazon Appstore, yang secara resmi dikenal sebagai Subsistem Windows untuk Android, telah menjadi salah satu sorotan dari peluncuran Windows 11.

Namun, Microsoft baru-baru ini menyatakan bahwa fitur ini akan dihapus dalam waktu dekat.

Microsoft mengonfirmasi bahwa mereka akan terus mendukung Subsistem Windows untuk Android hingga tanggal 5 Maret 2025.

Ini memberikan jendela waktu sekitar satu tahun bagi pengguna untuk mencari alternatif setelah pengumuman ini.

Tanggal 6 Maret 2024 akan menjadi batas akhir untuk mengunduh aplikasi baru dari Amazon Appstore.

Meskipun pengguna saat ini dijamin akan tetap dapat mengunduh aplikasi Android hingga akhir hayatnya, Microsoft tidak akan lagi menyediakan dukungan teknis untuk aplikasi Android setelah tanggal tersebut.

Meskipun Microsoft belum memberikan penjelasan resmi mengenai alasan di balik penghentian dukungan ini, tampaknya ada pergeseran fokus perusahaan menuju fitur-fitur AI seperti Copilot daripada kemampuan menjalankan aplikasi Android.

Selain itu, salah satu alasan utama lainnya adalah bahwa aplikasi Android di Windows tidak sepenuhnya berhasil menarik minat pengguna.

Berbeda dengan Chromebook, di mana aplikasi Google Play memperluas fungsionalitas perangkat secara signifikan, aplikasi Android di Windows tidak memberikan dampak serupa.

Bagi pengguna yang terbiasa menggunakan aplikasi Android di Windows, opsi terbaik adalah mulai mencari alternatif sebelum batas waktu penghentian dukungan pada tahun 2025.

Ini bisa berarti beralih ke aplikasi Windows asli atau bahkan menggunakan versi web dari aplikasi yang diinginkan.

Namun, satu pengecualian mungkin terkait dengan game. Meskipun banyak game seluler populer telah memiliki versi port untuk Windows yang tersedia melalui Microsoft Store, Bluestacks tetap menjadi opsi untuk memainkan game Android di platform Windows.

Dengan pengumuman ini, pengguna Windows harus mulai mempersiapkan diri untuk perubahan dan mencari solusi pengganti yang sesuai dengan kebutuhan mereka sebelum fitur Subsistem Windows untuk Android benar-benar dihilangkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *