TEKNO

Optimasi Kesehatan: Indosat Menggunakan Teknologi Gelang Pintar untuk Menanggulangi Stunting

197
×

Optimasi Kesehatan: Indosat Menggunakan Teknologi Gelang Pintar untuk Menanggulangi Stunting

Sebarkan artikel ini
Begini cara Indosat manfaatkan gelang kesehatan pintar untuk membantu menurunkan angka stunting
Begini cara Indosat manfaatkan gelang kesehatan pintar untuk membantu menurunkan angka stunting

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Masalah stunting masih menjadi permasalahan serius di beberapa wilayah Indonesia.

Namun, di era digital saat ini, teknologi menjadi kunci untuk mengurangi angka stunting, dan Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) merintis terobosan tersebut melalui platform Indosat Business.

Perusahaan telekomunikasi ini menghadirkan gelang kesehatan pintar yang tidak hanya memantau kondisi ibu hamil, tetapi juga memiliki tujuan pencegahan stunting sejak dalam kandungan dengan memanfaatkan teknologi digital.

Gelang kesehatan pintar berbasis Bluetooth yang terhubung dengan smartphone berfungsi untuk memantau kondisi kesehatan para ibu hamil.

Gelang ini mampu mengukur denyut nadi, tekanan darah, saturasi oksigen (SpO2), suhu tubuh, dan indikator kesehatan penting lainnya.

Kolaborasi ini menjadi langkah awal Indosat Business dalam mempercepat penerapan konsep smart city pada program Smart Kabupaten Sumedang (SKS).

Kerjasama ini terwujud melalui kemitraan antara Indosat dan Pemerintah Kabupaten Sumedang.

Kabupaten Sumedang, yang saat ini menjadi salah satu tolok ukur kota/kabupaten dalam penerapan program Smart City di Indonesia, membutuhkan sekitar 25 ribu unit gelang kesehatan pintar per tahun untuk mencapai tujuan pencegahan stunting secara maksimal.

Muhammad Buldansyah, Director and Chief Business Officer Indosat Ooredoo Hutchison, menegaskan komitmen Indosat Business dalam memberdayakan Indonesia dengan mempercepat transformasi digital.

Kolaborasi ini menggunakan teknologi Internet of Things (IoT) terkini dalam mendukung program Smart City Kabupaten Sumedang.

Program IoT Smart Wearable Pilot Project ini merupakan kelanjutan dari Nota Kesepahaman (MoU) antara Indosat dan Pemkab Sumedang.

Nota Kesepahaman ini mencakup penyediaan layanan internet serta solusi teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung solusi kota pintar Sumedang di Jawa Barat.

Selain gelang kesehatan pintar, Indosat juga berkontribusi dalam implementasi Smart City di Kabupaten Sumedang melalui peningkatan kualitas dan cakupan jaringan 4G, pembangunan media konektivitas berupa fiber optic atau radio yang menghubungkan semua fungsi dinas atau operasional (Kecamatan/OPD), membangun command center, dan mengembangkan aplikasi IoT.

Layanan dan solusi yang dipersembahkan oleh Indosat Business diharapkan akan memberikan manfaat berkelanjutan bagi masyarakat Kabupaten Sumedang, serta menjadi inspirasi untuk upaya penanggulangan stunting di berbagai daerah lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *