TEKNOTIPS

Memasang Emulator RetroArch di iPhone, iPad, dan Apple TV: Panduan Instalasi

88
×

Memasang Emulator RetroArch di iPhone, iPad, dan Apple TV: Panduan Instalasi

Sebarkan artikel ini
Emulator RetroArch sekarang hadir di iPhone, iPad, dan Apple TV, begini cara menginstalnya
Emulator RetroArch sekarang hadir di iPhone, iPad, dan Apple TV, begini cara menginstalnya

Media90 – Baru-baru ini, Apple telah memperbarui pedoman App Store-nya untuk memungkinkan emulator game retro masuk ke dalam lingkupnya.

Salah satu emulator yang menjadi sorotan adalah Delta, namun sekarang, kita juga memiliki RetroArch dan PPSSPP.

RetroArch sebenarnya bukanlah emulator tunggal, melainkan frontend yang memuat emulator untuk lebih dari selusin konsol terkenal dan yang kurang dikenal.

Dengan RetroArch, kamu bisa melompat dari game Nintendo DS dan PlayStation ke judul Bandai WonderSwan dan Neo Geo Pocket, misalnya.

Namun, mengirimkan file ke RetroArch memiliki beberapa keunikannya di lingkungan Sandbox, dan tidak memungkinkan untuk menarik file secara langsung dari iCloud.

Jadi, di platform iOS, kamu perlu memindahkan ROM secara manual ke folder RetroArch yang dibuat setelah menjalankan aplikasi terlebih dahulu.

Sedangkan, jika kamu menggunakan Apple TV, maka perlu mentransfer ROM secara nirkabel.

Jangan lupa untuk menjalankan Pembaruan Online setelah pertama kali membuka RetroArch, karena beberapa asetnya mungkin hilang secara default.

Namun, disayangkan beberapa inti emulasi tidak hadir dalam rilis ini. Hanya inti internal dan inti yang sebelumnya disetujui untuk marketplace pihak ketiga yang disertakan dalam RetroArch di iOS dan tvOS.

Selain itu, kurangnya kompilasi JIT pada perangkat Apple menghambat emulasi 3DS.

Jika kamu menemui masalah di mana emulasi RetroArch berjalan terlalu cepat di perangkatmu, itu mungkin karena emulator tidak menyinkronkan kontennya dengan kecepatan refresh perangkat.

Untuk memperbaiki masalah ini, kamu dapat membuka Pengaturan, memilih Video, menekan Sinkronisasi, dan memilih Sinkronkan dengan Kecepatan Bingkai Konten yang Tepat.

Saat mendownload RetroArch dari App Store, pastikan untuk memeriksa apakah kamu menginstal aplikasi yang benar, karena saat ini terdapat banyak aplikasi sampah di App Store.

Disarankan untuk membaca utas Reddit RetroArch, yang pada dasarnya telah menjadi sesi pemecahan masalah bagi pengguna.

Meskipun RetroArch memiliki panduan untuk iOS dan tvOS, panduan tersebut ditulis untuk sideloading, bukan untuk penginstalan dari App Store, sehingga panduan tersebut mungkin tidak mutakhir.

Dengan demikian, dengan sedikit kesabaran dan pemahaman, kamu dapat menikmati pengalaman bermain game retro di perangkat Apple kamu melalui RetroArch. Selamat bermain!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *