TEKNOTIPS

Memantau dan Meningkatkan Kesehatan Baterai Ponsel Android Anda

171
×

Memantau dan Meningkatkan Kesehatan Baterai Ponsel Android Anda

Sebarkan artikel ini
Cara memeriksa kesehatan baterai di ponsel Android, bisa pakai aplikasi atau menu pengaturan
Cara memeriksa kesehatan baterai di ponsel Android, bisa pakai aplikasi atau menu pengaturan

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Seiring berjalannya waktu, baterai ponsel Anda akan mengalami beberapa masalah. Karena baterai dapat habis, kinerjanya akan menurun seiring waktu.

Setelah beberapa tahun, baterai tidak akan dapat mengisi daya sebanyak saat masih baru.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan baterai ponsel Anda semaksimal mungkin.

Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memantau dan meningkatkan kesehatan baterai ponsel Anda, yang kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Gunakan Aplikasi AccuBattery

AccuBattery adalah salah satu aplikasi terbaik untuk memantau kesehatan baterai perangkat Android Anda.

Meskipun tidak dapat memberikan data sebanyak aplikasi khusus untuk perangkat yang telah di-root, AccuBattery tetap menjadi pilihan terbaik bagi pengguna Android yang belum melakukan rooting.

Setelah menginstal AccuBattery, Anda akan melihat layar pengantar dengan beberapa informasi tentang cara aplikasi ini bekerja.

Ide dasarnya adalah bahwa baterai ponsel memiliki jumlah siklus pengisian daya terbatas sebelum kinerjanya mengalami penurunan signifikan.

Satu siklus penuh terjadi setiap kali baterai menghabiskan daya dari 100% hingga 0%. Namun, siklus ini tidak harus dilakukan dalam satu kali pengisian.

Misalnya, ketika baterai Anda menurun dari 100% hingga 50%, lalu Anda mengisi ulangnya hingga 100% dan kemudian menurunkannya lagi hingga 50%, itu dianggap sebagai satu siklus penuh.

AccuBattery menyarankan bahwa dengan hanya mengisi daya perangkat hingga 80% daripada 100% penuh, Anda dapat menghemat siklus dan dengan demikian memperpanjang umur baterai.

Aplikasi ini juga menyediakan berbagai alat untuk membantu Anda mengubah kebiasaan pengisian daya ponsel Anda guna meningkatkan umur baterai.

2. Memeriksa Kesehatan Baterai Melalui Menu Pengaturan

Meskipun Android tidak menyediakan cara bawaan untuk memeriksa kesehatan baterai di semua perangkat, Anda dapat menemukan beberapa informasi dasar tentang baterai di menu Pengaturan.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka Pengaturan > Baterai dan ketuk menu tiga titik di kanan atas.
  • Dari menu yang muncul, tekan “Penggunaan baterai.” Ini mungkin sedikit berbeda tergantung pada ponsel dan versi Android yang Anda gunakan (pada Android 13, opsi penggunaan baterai ada di daftar opsi utama).
  • Pada layar yang muncul, Anda akan melihat daftar aplikasi yang paling banyak menggunakan baterai pada perangkat Anda sejak pengisian penuh terakhir.
  • Untuk informasi lebih lengkap, ketuk tombol menu tiga titik di kanan atas dan pilih “Tampilkan penggunaan perangkat secara penuh” untuk melihat penggunaan baterai dari proses sistem seperti layar dan sistem operasi itu sendiri. Informasi ini mungkin muncul di bagian bawah daftar, tergantung pada jenis ponsel Anda.

Meskipun cara ini tidak memungkinkan Anda untuk mengelola kesehatan baterai Android secara langsung, setidaknya Anda dapat mengidentifikasi aplikasi yang menggunakan terlalu banyak baterai dan membatasi penggunaannya.

Dengan mempraktikkan tips ini, Anda dapat menjaga baterai ponsel Android Anda agar tetap sehat dan berdaya tahan lebih lama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *