TEKNO

iPhone Kini Kompatibel dengan Pesan RCS dari Android! Temukan Alasannya yang Membuat Ini Terjadi

244
×

iPhone Kini Kompatibel dengan Pesan RCS dari Android! Temukan Alasannya yang Membuat Ini Terjadi

Sebarkan artikel ini
iPhone akhirnya akan mendukung pesan RCS dari smartphone Android, ini alasannya
iPhone akhirnya akan mendukung pesan RCS dari smartphone Android, ini alasannya

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Setelah bertahun-tahun menolak untuk merangkul standar pesan RCS (Rich Communication Service), Apple akhirnya memberikan lampu hijau untuk dukungan ini.

RCS dianggap sebagai masa depan pesan di ponsel, membawa pengalaman yang lebih kaya untuk pesan teks dan multimedia.

Dengan keputusan ini, pengguna iOS dan Android dapat menikmati komunikasi yang lebih baik saat mengirim foto, video, atau data lokasi.

Meskipun RCS masih memiliki beberapa kekurangan dibandingkan dengan fitur eksklusif iMessage milik Apple, adopsi RCS diharapkan dapat mengatasi beberapa keluhan pengguna terkait obrolan grup.

Pengumuman ini datang sebagai kejutan, terutama mengingat sikap tegas Apple dalam menolak RCS selama bertahun-tahun. CEO Apple, Tim Cook, menyatakan bahwa keputusan ini adalah bagian dari upaya perusahaan untuk menarik pengguna beralih ke iPhone.

Baca Juga:  Xiaomi 14 Diperkenalkan di Indonesia: Optik Leica Generasi Baru dan Dukungan HyperOS sebagai Andalan Utama

Sebelumnya, Apple sering kali dianggap bersikeras terhadap pendiriannya dan menolak standar RCS.

Beberapa pihak memuji Google atas perubahan ini, karena sebelumnya Google menuding Apple memperlambat perkembangan pesan teks dengan menolak RCS.

Meskipun Uni Eropa menolak proposal Google untuk memaksa Apple mengadopsi standar RCS, tampaknya Apple bersedia berubah untuk menghindari potensi tindakan regulasi.

Dalam keterangan resminya, Apple menyatakan bahwa mereka akan menghadirkan RCS Universal Profile ke iPhone pada akhir tahun depan.

Mereka mengakui bahwa RCS akan memberikan interoperabilitas yang lebih baik daripada standar SMS dan MMS yang sudah ketinggalan zaman.

Namun, Apple tetap menekankan bahwa iMessage tetap lebih aman daripada RCS, karena mendukung enkripsi end-to-end.

Baca Juga:  5 Laptop 2 in 1 di Bawah Rp 10 Juta untuk Produktivitas Maksimal

Apple bahkan berencana untuk membantu Asosiasi GSM menambahkan enkripsi end-to-end ke RCS, meskipun tanpa mengembangkan solusi eksklusif untuk pesan RCS.

Meskipun pengguna iPhone dapat menikmati kenyamanan mengirim foto dan video berkualitas tinggi ke pengguna Android, perubahan ini mungkin tidak membawa banyak perbedaan signifikan.

Fitur unggulan iMessage, seperti pengeditan pesan dan permainan, masih tidak akan sepenuhnya tersedia dalam obrolan grup antara pengguna iOS dan Android.

Dengan demikian, perdebatan seputar “gelembung hijau” mungkin masih akan terus berlanjut, meskipun Apple mungkin akan memilih warna yang berbeda atau nuansa hijau yang berbeda untuk obrolan RCS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *