TEKNO

Ini Fakta: Pengaruh Influencer Dominan dalam Keputusan Berbelanja Netizen

76
×

Ini Fakta: Pengaruh Influencer Dominan dalam Keputusan Berbelanja Netizen

Sebarkan artikel ini
Sebagian besar keputusan berbelanja netizen karena dipengaruhi influencer, ini faktanya
Sebagian besar keputusan berbelanja netizen karena dipengaruhi influencer, ini faktanya

Media90 – Influencer telah menjadi bagian tak terpisahkan dari aktivitas digital, terutama di platform media sosial.

Mereka tidak hanya menjadi tokoh yang diidolakan, tetapi juga menjadi kelompok berpengaruh di kalangan netizen.

Saat ini, profesi sebagai seorang influencer bukan hanya menggiurkan secara finansial, tetapi juga memiliki dampak yang signifikan terhadap perilaku konsumen.

Menurut hasil studi yang dilakukan oleh konsultan komunikasi Vero bekerja sama dengan grup riset pasar dan analisis data global YouGov, pengaruh influencer digital dalam membentuk perilaku konsumen dan tren di Indonesia sangatlah besar.

Hasil studi ini menunjukkan bahwa 94% dari responden mengatakan bahwa influencer telah memberikan pengaruh dalam membentuk pola perilaku dan keputusan pembelian mereka.

Alasan mengapa netizen begitu terpengaruh oleh konten-konten yang disajikan oleh influencer pun bermacam-macam. Sebanyak 63% responden mengikuti konten influencer untuk mempelajari hal baru, 58% mencari informasi terkini, dan 53% mencari inspirasi.

Tidak hanya itu, sebanyak 63% responden juga secara aktif mencari konten yang menawarkan saran dan tips dari para ahli, sementara 47% menginginkan konten-konten edukatif, dan 41% tertarik dengan cerita atau pengalaman pribadi influencer.

Edward Hutasoit, General Manager di YouGov, menjelaskan bahwa influencer memiliki peran penting sebagai pembimbing dalam membantu netizen dalam mengambil keputusan pembelian.

Saat ini, netizen cenderung akan mencari dan melihat konten influencer terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk atau layanan.

Para influencer tidak hanya berperan sebagai pembimbing, tetapi juga sebagai bagian dari komunitas yang dapat membentuk dan memimpin perilaku konsumsi yang baru.

Mereka memberikan rekomendasi yang sangat dipercayai oleh pengikut mereka, karena kebersamaan dan nilai-nilai sosial yang mereka miliki.

Menurut Ujang Sumarwan, seorang profesor yang mendalami perilaku konsumen, fenomena ini menunjukkan bahwa pola perilaku konsumsi netizen Indonesia mengalami pergeseran.

Influencer memainkan peran penting dalam memenuhi kebutuhan informasi, inspirasi, dan referensi produk bagi konsumen.

Agung Karmalogy, seorang influencer yang juga menjadi bagian dari META Creator of Tomorrow, menekankan pentingnya bagi para influencer untuk tetap relevan dengan mengadaptasi strategi konten mereka sesuai dengan harapan dan kebutuhan konsumen yang terus berubah.

Konten pemasaran influencer haruslah autentik dan memberikan nilai tambah kepada pengikutnya, bukan sekadar hiburan semata.

Dengan demikian, peran influencer dalam membentuk perilaku konsumen dan keputusan pembelian netizen Indonesia tidak bisa diabaikan.

Mereka tidak hanya menjadi tokoh yang diidolakan, tetapi juga pembimbing yang memberikan informasi, inspirasi, dan rekomendasi yang berharga bagi pengikut mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *