TEKNOTIPS

2 Metode Simpel untuk Transfer Data dari Android ke iPhone

82
×

2 Metode Simpel untuk Transfer Data dari Android ke iPhone

Sebarkan artikel ini
2 Metode cepat dan sederhana mentransfer data dari perangkat Android ke iPhone
2 Metode cepat dan sederhana mentransfer data dari perangkat Android ke iPhone

Media90 – Beralih dari satu ponsel Android ke ponsel Android lainnya adalah satu hal. Namun, beralih dari Android ke iPhone adalah cerita yang berbeda.

Jika kamu sudah lama menggunakan smartphone Android dan sekarang ingin beralih ke iPhone, mungkin muncul pertanyaan: bagaimana mentransfer data dari Android ke iPhone yang notabene memiliki sistem operasi yang berbeda?

Untungnya, meskipun berbeda, tidak berarti lebih sulit. Bergantung pada seberapa banyak data yang ingin dipindahkan, prosesnya bisa memakan waktu mulai dari beberapa menit hingga lebih dari satu jam.

Namun, bagaimanapun durasinya, caranya tetap sama. Berikut adalah dua metode yang sangat mudah untuk mentransfer data dari Android ke iPhone dengan aman.

Persiapan Sebelum Memulai Transfer Data

Sebelum memulai transfer data, pastikan beberapa hal berikut:

  1. Perangkat Terisi Daya Setidaknya 75% Semakin tinggi, semakin baik. Transfer data akan menguras baterai lebih cepat, jadi pastikan ponsel kamu memiliki daya yang cukup.
  2. Koneksi Wi-Fi yang Stabil Transfer data secara nirkabel memerlukan sinyal yang kuat dan stabil agar proses berjalan optimal.
  3. Periksa Kembali Jumlah Data yang Akan Dipindahkan Pastikan iPhone memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup. Jika tidak, sekaranglah saat yang tepat untuk mengatur file lama di ponsel Android, memutuskan apa yang perlu disimpan, apa yang perlu dipindahkan ke drive eksternal, dan apa yang harus dihapus. Foto dan video cenderung memakan banyak ruang, jadi aplikasi seperti Gemini Photos dari MacPaw dapat membantu menemukan foto duplikat, gambar buram, dan tangkapan layar yang tidak diperlukan.

Metode 1: Menggunakan Aplikasi Move to iOS

Metode pertama adalah menggunakan layanan Move to iOS milik Apple. Aplikasi ini tersedia di Google Play Store dan di iPhone baru, sudah terpasang.

  1. Mulai dengan iPhone Dari iOS Setup Assistant, selesaikan langkah-langkah penyiapan awal seperti menghubungkan ke Wi-Fi, membuat kode sandi, dan menerima syarat dan ketentuan Apple hingga mencapai layar Aplikasi & Data.
  2. Pilih “Pindahkan Data dari Android” Ketuk opsi ini dan lanjutkan.
  3. Unduh Aplikasi Move to iOS di Android Buka aplikasi, setujui kebijakan privasi Apple, berikan akses aplikasi ke file dan lokasi, kemudian tekan Lanjutkan hingga mencapai layar Temukan Kode Anda.
  4. Masukkan Kode dari iPhone ke Android Layar iPhone akan menampilkan kode satu kali. Masukkan kode ini di ponsel Android untuk memulai proses penyandingan. Pilih file yang ingin ditransfer seperti pesan, kontak, info kalender, akun Google, foto dan video, dan pengaturan pengguna.
  5. Tunggu Hingga Proses Selesai Biarkan kedua ponsel menyelesaikan proses transfer. Durasi transfer bergantung pada jumlah data yang dipindahkan, bisa memakan waktu 30 menit atau lebih.

Metode 2: Menggunakan Akun Google

Metode kedua adalah mentransfer data melalui akun Google, ideal untuk file tambahan yang mungkin terlewatkan selama metode pertama atau jika iPhone sudah diatur dan tidak dapat menggunakan Move to iOS.

  1. Cadangkan Data di Android Buka aplikasi Pengaturan di Android, cari tab Google, ketuk Cadangkan, dan aktifkan kategori yang ingin diselaraskan. Tunggu hingga sinkronisasi selesai.
  2. Sinkronkan Akun Google dengan iPhone Buka pengaturan iPhone > Mail > Akun > Tambah Akun, dan masukkan kredensial Gmail kamu. Data dari akun Google akan disinkronkan dengan iPhone dan mulai mengimpor otomatis.
  3. Alternatif Google Drive Unggah file ke folder Google Drive di Android dan unduh di iPhone. Perhatikan bahwa akun Google gratis menyediakan penyimpanan sebesar 15GB.

Dengan mengikuti salah satu dari dua metode ini, kamu dapat dengan mudah memindahkan data dari Android ke iPhone tanpa repot. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *