TEKNOTIPS

Di Balik Layar Ruang Pribadi: Fitur Unggulan Android 15 yang Patut Diketahui

75
×

Di Balik Layar Ruang Pribadi: Fitur Unggulan Android 15 yang Patut Diketahui

Sebarkan artikel ini
Mengulik cara kerja Ruang Pribadi, salah satu fitur terbaik Android 15
Mengulik cara kerja Ruang Pribadi, salah satu fitur terbaik Android 15

Media90 – Google telah meluncurkan versi beta kedua dari Android 15, yang berencana untuk merilis versi stabilnya pada akhir tahun ini.

Salah satu fitur yang menarik perhatian adalah Ruang Pribadi (Private Space). Ruang Pribadi merupakan sebuah fitur yang memberikan lapisan privasi tambahan dengan menyediakan ruang terpisah yang dapat diakses dengan kata sandi untuk menyimpan aplikasi, foto, dokumen, dan data sensitif lainnya.

Fitur serupa telah ada sebelumnya dalam beberapa perangkat, seperti Folder Aman yang dimiliki oleh Samsung.

Namun, Ruang Pribadi di Android 15 menawarkan lebih dari sekadar folder untuk menyimpan foto atau aplikasi.

Ini adalah sebuah “ruang” yang sepenuhnya terpisah dari ponsel utama, seperti memiliki pengguna kedua tanpa harus beralih profil.

Salah satu keunggulan Ruang Pribadi adalah kemampuannya untuk meningkatkan privasi dalam penggunaan aplikasi kesehatan dan perbankan.

Pengguna dapat menyimpan aplikasi dan akun terkait pekerjaan di dalam ruang yang terpisah ini atau bahkan hanya untuk menyimpan foto dan video pribadi yang lebih sensitif.

Bagaimana cara menggunakannya? Pengaturan Ruang Pribadi dapat ditemukan di menu Pengaturan > Keamanan & Privasi.

Setelah diatur, Ruang Pribadi akan muncul di bagian bawah laci aplikasi Launcher. Pengguna dapat memasukkan aplikasi ke dalam Ruang Pribadi dengan mudah melalui Google Play Store, dan pengaturan tambahan seperti waktu penguncian otomatis dan opsi untuk menyembunyikan Ruang Pribadi juga tersedia.

Perlu diingat bahwa meskipun versi beta dari Ruang Pribadi sudah tersedia, kemungkinan ada beberapa perubahan sebelum versi stabilnya dirilis.

Selain itu, belum ada informasi apakah fitur ini akan tersedia di perangkat non-Google atau apakah produsen seperti Samsung akan mengadopsinya mengingat mereka memiliki fitur serupa sebelumnya.

Ruang Pribadi di Android 15 menjanjikan lapisan keamanan tambahan dan memberikan pengguna kontrol lebih besar atas privasi dan data pribadi mereka.

Seiring dengan evolusi teknologi ke arah yang lebih terfokus pada privasi, fitur-fitur seperti Ruang Pribadi menjadi semakin penting bagi pengguna modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *