TEKNO

Bahaya Tersembunyi: Smartphone Kamu Bisa Membuat Panggilan Darurat ke Polisi Tanpa Disadari!

210
×

Bahaya Tersembunyi: Smartphone Kamu Bisa Membuat Panggilan Darurat ke Polisi Tanpa Disadari!

Sebarkan artikel ini
Bahaya Tersembunyi Smartphone Kamu Bisa Membuat Panggilan Darurat ke Polisi Tanpa Disadari!
Bahaya Tersembunyi Smartphone Kamu Bisa Membuat Panggilan Darurat ke Polisi Tanpa Disadari!

Media90 – Baru-baru ini, terjadi sebuah peristiwa menghebohkan di wilayah Devon dan Cornwall, Inggris.

Dalam waktu satu hari saja, kepolisian setempat menerima 169 panggilan darurat antara pukul 19.00 hingga tengah malam.

Namun, ketika panggilan-panggilan tersebut direspons, tidak ada jawaban dari penelepon.

Pihak kepolisian terpaksa membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk menangani setiap panggilan yang sebenarnya tidak mendesak tersebut, seperti yang dilaporkan oleh BBC.

Setelah dilakukan penyelidikan lebih lanjut, ternyata panggilan-panggilan darurat tersebut terjadi secara tidak sengaja.

Bagaimana bisa? Ternyata, panggilan-panggilan tersebut berasal dari smartphone-smartphone Android yang secara tidak sengaja mengaktifkan fitur panggilan darurat.

Baik iPhone maupun ponsel Android umumnya memiliki fitur panggilan darurat yang memungkinkan pengguna untuk menghubungi polisi atau layanan darurat lainnya dengan cepat tanpa harus menekan nomor telepon.

Pada beberapa perangkat, terdapat fitur shortcut yang dapat langsung mengaktifkan panggilan darurat tersebut.

Meskipun fitur shortcut untuk panggilan darurat ini sangat bermanfaat dan bahkan dapat menyelamatkan nyawa, namun pada beberapa ponsel Android, fitur ini juga dapat menyebabkan masalah.

Beberapa ponsel Android dapat secara tidak sengaja memicu panggilan darurat jika tombol daya pada ponsel ditekan sebanyak lima kali atau lebih.

Hati-hati! Smartphone kamu bisa bikin panggilan darurat
Hati-hati! Smartphone kamu bisa bikin panggilan darurat

Keadaan ini dapat terjadi secara tidak sengaja, misalnya ketika smartphone berada di dalam saku pengguna.

Meskipun beberapa produsen menyediakan cara alternatif untuk mengaktifkan panggilan darurat secara default, tidak semua ponsel mengadopsi pengaturan tersebut.

Sebagai contoh, Samsung Galaxy S23 Ultra mengaktifkannya secara default, sementara Pixel 7 Pro justru menonaktifkannya secara default. Hal ini dapat menyebabkan pengguna mengaktifkan panggilan darurat tanpa disadari.

Perlu dicatat bahwa meskipun peristiwa panggilan darurat tidak disengaja ini terjadi di Inggris, masalah serupa juga dialami di sejumlah negara di Eropa.

Bahkan, tidak menutup kemungkinan hal serupa dapat terjadi di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Apalagi dengan penambahan fitur panggilan darurat pada Android 12 dan meningkatnya masalah dengan pembaruan ke Android 13, tampaknya beberapa perubahan perlu dilakukan saat peluncuran Android 14 guna mengatasi isu ini.

Penting bagi produsen ponsel untuk memperhatikan pengaturan default fitur panggilan darurat pada perangkat mereka guna menghindari panggilan-panggilan darurat tidak disengaja yang dapat mengganggu kinerja pihak berwenang dan mengurangi efisiensi dalam menangani panggilan darurat yang benar-benar mendesak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *