TEKNO

Apple Intelligence Mengoptimalkan Siri dan Aplikasi Favorit di iPhone Menjadi Lebih Cerdas

59
×

Apple Intelligence Mengoptimalkan Siri dan Aplikasi Favorit di iPhone Menjadi Lebih Cerdas

Sebarkan artikel ini
Apple Intelligence membuat Siri dan aplikasi favorit di iPhone jadi lebih pintar
Apple Intelligence membuat Siri dan aplikasi favorit di iPhone jadi lebih pintar

Media90 – Rasa penasaran para pengguna produk Apple mengenai fitur kecerdasan buatan (AI) yang akan dibenamkan di dalam perangkat ekosistem Apple akhirnya terjawab.

Di acara WWDC 2024, Apple mengumumkan kerangka kerja AI yang telah lama ditunggu-tunggu, yang disebut Apple Intelligence.

Inovasi ini akan mendukung asisten suara Siri yang ditingkatkan serta fitur AI di seluruh perangkat Apple seperti iPhone, Mac, dan iPad, dengan beberapa integrasi pihak ketiga.

Apple Intelligence adalah sistem kecerdasan pribadi untuk iPhone, iPad, dan Mac yang menggabungkan model bahasa besar (LLM) dengan data konteks pribadi.

Ini adalah kumpulan teknologi dan fitur yang akan mendukung banyak kemampuan AI di seluruh perangkat Apple, termasuk penulisan dan ringkasan teks, pembuatan gambar, dan pemrosesan bahasa alami.

Keamanan dan Privasi yang Diutamakan

Apple mengklaim fitur AI-nya jauh lebih aman dibandingkan perangkat lunak pesaing, karena banyak model yang mendukungnya berjalan sepenuhnya di perangkat, dengan data terbatas yang diteruskan ke server Apple.

Artinya, data pengguna tetap aman di perangkat mereka. Hal ini menjadi daya tarik utama bagi pengguna yang sangat memperhatikan privasi dan keamanan data pribadi mereka.

Baca Juga:  Inspirasi dari Karya 6 Seniman AI: Menyulam Kreativitas dalam Seni Berbasis AI

Fitur-Fitur AI yang Meningkatkan Produktivitas

Dengan diperkenalkannya Apple Intelligence, aplikasi dan perangkat Apple akan memiliki banyak fitur bertenaga AI yang baru dan inovatif.

Misalnya, alat tulis baru yang memiliki opsi untuk menulis ulang, mengoreksi, dan meringkas teks di mail, catatan, halaman, dan aplikasi pihak ketiga.

Fitur ini juga akan membuat ringkasan email di aplikasi mail, dengan saran pesan menggunakan Smart Reply.

Selama ini, notifikasi seringkali menjadi kekacauan di iPhone dan iPad, terutama jika dibandingkan dengan perangkat Android.

Dengan adanya fitur AI, maka masalah tersebut bisa diminimalisir. Ada bagian Pemberitahuan Prioritas baru yang muncul di bagian atas tumpukan pemberitahuan, berisi peringatan yang terdeteksi sebagai penting atau ringkasan obrolan grup yang panjang.

Siri yang Lebih Cerdas dan Interaktif

Siri juga telah diubah dengan desain dan fitur baru yang didukung Apple Intelligence. Mengaktifkan Siri sekarang cukup menunjukkan tepi yang bersinar di sekitar layar, bukan lagi gelembung mengambang seperti sebelumnya.

Baca Juga:  Menikmati Apple Music Tanpa Koneksi Internet: Panduan Mendengarkan Secara Offline

Kecerdasan Apple bukanlah model bahasa besar untuk tujuan umum, jadi beberapa pertanyaan Siri akan diserahkan ke penelusuran web atau ChatGPT.

Integrasi ChatGPT akan menanyakan pengguna sebelum mengirimkan pertanyaan ke server OpenAI. Meski begitu, OpenAI tidak akan menyimpan permintaan pengguna.

ChatGPT juga akan tersedia di Alat Tulis di seluruh sistem, dan jika kamu adalah pelanggan ChatGPT Plus, maka dapat menggunakan fitur dari akun kamu di seluruh Apple Intelligence.

Pembuatan Gambar dengan Image Playground

Terakhir, Apple Intelligence dapat membuat gambar yang mirip dengan DALL-E atau Microsoft Copilot, melalui fitur Image Playground yang baru.

Ada mode khusus untuk membuat emoji berdasarkan prompt atau pencampuran karakter emoji, yang disebut Genmoji, yang bahkan dapat digunakan dalam Pesan atau dibagikan sebagai stiker.

Ketersediaan dan Persyaratan

Fitur Apple Intelligence akan gratis untuk semua pengguna dalam bahasa Inggris saat iOS 18, iPadOS 18, dan macOS Sequoia diluncurkan akhir tahun ini.

Baca Juga:  Karya Seni AI Tanpa Batas: 5 Alat Gratis untuk Eksplorasi Kreatif!

Kamu bisa menggunakannya dengan syarat, minimal memiliki iPhone 15 Pro atau iPhone 15 Pro Max, atau iPad atau Mac dengan chip M1 atau yang lebih baru.

Dengan Apple Intelligence, Apple sekali lagi menunjukkan komitmennya untuk mengintegrasikan teknologi AI yang canggih ke dalam ekosistemnya, memberikan pengalaman pengguna yang lebih pintar, aman, dan menyenangkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *