TEKNO

4 Aplikasi Android Wajib untuk Koki Dapur Berbakat

207
×

4 Aplikasi Android Wajib untuk Koki Dapur Berbakat

Sebarkan artikel ini
Aplikasi Android yang kamu butuhkan di dapur, cocok untuk mereka yang hobi memasak
Aplikasi Android yang kamu butuhkan di dapur, cocok untuk mereka yang hobi memasak

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Kamu hobi memasak? Di era digital seperti sekarang, kamu bisa mengasah hobi kamu itu layaknya chef profesional.

Maklum saat ini banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk meracik berbagai jenis makanan.

Kamu tidak hanya bisa menemukan ribuan resep, tapi juga dapat memperbarui daftar belanjaan, termasuk menyimpan resep buatan kamu di aplikasi.

Berikut lima aplikasi Android yang kamu butuhkan untuk aktivitas di dapur yang berhasil dirangkum Media90 dari berbagai sumber.

1. COOKmate, aplikasi untuk menyimpan resep

Selama ini mungkin kamu menyimpan atau menulis resep di buku catatan sendiri.

Menyimpan resep masakan buatan sendiri dalam buku catatan fisik tampaknya merupakan hal yang paling mudah dilakukan.

Namun di era digital seperti sekarang, kamu bisa memanfaatkan aplikasi COOKmate untuk manajemen resep.

Aplikasi pengatur resep ini dirancang untuk menyimpan semua kreasi kuliner favorit kamu dan membuat pencarian resep semudah membuat kue.

Ketika kamu menambahkan resep ke aplikasi, tidak hanya dapat menyertakan nama, gambar, bahan, dan langkah-langkah, tetapi juga detail lain yang relevan seperti kategori (misalnya, hidangan utama, hidangan pembuka, hidangan penutup), tag, waktu memasak, informasi nutrisi, dan bahkan peringkat bintang pribadi kamu untuk hidangan tersebut.

Selain resep yang kamu buat sendiri, COOKmate juga memungkinkan kamu menambahkan resep dari sumber pihak ketiga seperti blog memasak dan buku masak digital.

Fitur lain yang berguna dari aplikasi ini adalah perencana makanan. Pada dasarnya, ini adalah kalender di mana kamu bisa menjadwalkan hidangan apa yang ingin disiapkan untuk sarapan, makan siang, makan malam, dan makanan ringan untuk beberapa hari ke depan.

Setelah kamu menyiapkan rencana makan, COOKmate dapat membuat daftar belanja yang disesuaikan berdasarkan bahan-bahan yang ada di dalam resep yang dijadwalkan.

Tidak perlu menuliskan setiap item, cukup ketuk ikon tas belanja, dan kamu sudah siap.

Kelemahan COOKmate adalah versi gratisnya hanya mengizinkan kamu menyimpan maksimal 60 resep dan satu daftar belanja.

Kamu juga akan berurusan dengan iklan yang terus-menerus dan mengacaukan antarmuka. Kamu harus melakukan upgrade untuk menghilangkan batasan ini.

2. Plant Jammer, aplikasi untuk menghasilkan resep yang mencegah pemborosan makanan

Aplikasi ini tidak seperti COOKmate, yang mencatat resep pribadi. Plant Jammer membuat resep baru dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur.

Yang perlu kamu lakukan adalah memasukkan bahan-bahan yang kamu miliki, dan aplikasi ini akan menampilkan daftar resep yang menyertakan bahan-bahan tersebut.

Daftar ini dapat disaring berdasarkan jenis hidangan (misalnya, tumisan, semur, hidangan oven). Selain itu, ada pilihan untuk melihat resep yang mudah, sehat, atau berkelanjutan.

Setiap resep di aplikasi ini memberi tahu kamu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyiapkan makanan, berapa banyak porsi yang bisa dibuat, dan apa saja bahan-bahannya.

Hal ini akan membantu kamu memutuskan apakah resep tersebut ingin kamu masak.

Jika kamu melewatkan bahan tertentu yang diperlukan dalam resep, Plant Jammer dengan mudah memeriksa apa yang bisa diganti.

Kamu juga dapat menyesuaikan jumlah porsi untuk mengakomodasi lebih banyak orang, dan jumlah bahan akan secara otomatis menyesuaikan.

Bagian terbaik dari aplikasi ini adalah setiap resep dapat dengan mudah dibagikan, menggunakan tautan, dengan keluarga dan teman.

Plant Jammer cukup minimal dan ramah pengguna. Kamu juga tidak perlu membuat akun untuk menggunakannya.

3. KITCHENPal, aplikasi untuk melacak barang-barang dapur

KITCHENPal berfungsi seperti lemari digital, di mana kamu dapat melihat semua barang yang dimiliki saat ini, beserta jumlah dan tanggal kedaluwarsanya.

Ada tiga cara untuk menambahkan barang ke lemari digital ini.

Mencarinya di basis data dalam aplikasi, menyebutkan nama barang, atau memindai kode batangnya.

Setelah menambahkan barang, kamu dapat memodifikasi informasi produk, seperti jumlah, tanggal kedaluwarsa, jumlah yang tersisa, harga, dan bahkan informasi nutrisi.

Kamu juga dapat menyortir barang ke dalam lokasi penyimpanan yang sesuai (misalnya, freezer, kulkas, dapur) agar lebih mudah ditemukan.

Ketika kamu memiliki barang yang hampir kedaluwarsa, KITCHENPal akan mengirimkan notifikasi yang memberitahu kamu untuk menggunakan produk tersebut sebelum membusuk.

Fitur bagus lainnya dari aplikasi ini adalah daftar belanjanya yang cerdas. Daftar ini secara otomatis terisi dengan barang-barang dapur yang sudah kamu gunakan.

Artinya, saat berbelanja berikutnya, kamu tidak perlu mencari-cari di dapur untuk mencari barang yang harus dibeli. Semuanya akan langsung muncul di daftar belanja.

KITCHENPal gratis, tetapi jika kamu menginginkan fitur tambahan seperti perencana makanan, item dapur tak terbatas, dan lokasi penyimpanan khusus, kamu perlu berlangganan layanan premium.

4. NomNom, aplikasi untuk mengonversi satuan dan porsi

Aplikasi pengonversi masakan ini dirancang oleh seorang ibu rumah tangga. NomNom memudahkan kamu mengonversi satuan AS atau Inggris ke metrik dan sebaliknya.

Aplikasi ini dapat membantu kamu dengan satuan massa (misalnya kilogram, ons), volume (misalnya liter, sendok teh, cangkir), suhu (misalnya Celcius, Fahrenheit), dan bahkan panjang (misalnya inci, sentimeter).

Cukup masukkan jumlah yang ingin kamu konversi dan pilih unit yang ingin dikonversi. Aplikasi ini akan secara otomatis menampilkan jumlah yang setara.

Untuk membuatnya lebih nyaman, ada bahan-bahan pada aplikasi dengan konversi unit yang telah ditentukan sebelumnya, jadi kamu tidak perlu memilih unit secara manual.

Kamu juga dapat menyematkan konversi yang telah dibuat sebelumnya untuk digunakan di masa mendatang.

Selain mengonversi unit, NomNom juga mengonversi porsi. Katakanlah kamu memasak untuk keluarga beranggotakan lima orang, tetapi resep yang kamu miliki hanya menghasilkan tiga porsi.

Cukup masukkan nomor porsi dan jumlah bahan resep, bersama dengan jumlah porsi yang kamu inginkan. NomNom akan memberikan jumlah bahan baru yang sesuai. Tidak perlu lagi menebak-nebak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *