OTOMOTIF

Tips Pemeriksaan Rutin Saat Servis Motor: Jangan Lewatkan Pengecekan Bagian Ini dan Estimasinya

198
×

Tips Pemeriksaan Rutin Saat Servis Motor: Jangan Lewatkan Pengecekan Bagian Ini dan Estimasinya

Sebarkan artikel ini
Waktu Servis Motor Rutin, Pastikan Bagian-Bagian Ini Diperiksa Dan Biayanya
Waktu Servis Motor Rutin, Pastikan Bagian-Bagian Ini Diperiksa Dan Biayanya

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Servis motor rutin merupakan suatu keharusan agar motor tetap berkinerja optimal.

Kegiatan ini tidak hanya berlaku untuk motor baru, tetapi juga untuk motor yang telah berusia.

Pemilik motor baru umumnya dapat memanfaatkan paket-paket servis dari bengkel resmi, yang jadwalnya sudah ditentukan di dalam buku panduan.

Sementara itu, pemilik motor lawas, meskipun tidak mendapatkan keistimewaan seperti gratis biaya jasa, masih dapat menjalani servis rutin dengan jadwal yang tidak jauh berbeda.

Jenis-jenis Servis Motor Rutin dan Estimasi Biayanya:

  1. Tune Up Motor – Mulai Rp70 ribuan: Tune up dilakukan untuk mengembalikan performa motor setelah melewati masa pakai tertentu. Pemeriksaan melibatkan sejumlah bagian motor, seperti pengapian, injektor (untuk motor injeksi), transmisi, dan sistem penggerak. Disarankan dilakukan setiap 2 bulan atau setelah 2.000 km.
  2. Ganti Oli Mesin – Mulai Rp50 ribuan: Penggantian oli mesin sesuai jadwal sangat penting untuk menjaga keawetan mesin. Pemilihan oli disesuaikan dengan jenis motor, dan penggantian dilakukan setiap 2 bulan atau setelah 2.000 km.
  3. Ganti Oli Gardan – Mulai Rp15 ribuan: Pengguna motor matik perlu melakukan penggantian oli gardan sebagai bagian dari servis rutin. Disarankan dilakukan setiap 8.000 km.
  4. Ganti Busi – Mulai Rp50 ribuan: Penggantian busi diperlukan setiap kelipatan 6.000 km. Kondisi busi mencerminkan “kesehatan” mesin motor, dan pemilihan busi disesuaikan dengan jenis motor.
  5. Mengganti Filter Udara – Mulai Rp60 ribuan: Perhatian terhadap kondisi filter udara sangat penting. Filter udara basah pada motor baru tidak dapat dicuci, sementara filter busa dan stainless steel pada motor lawas bisa dicuci.
  6. Ganti Kampas Rem – Mulai Rp60 ribuan: Perawatan pengereman penting untuk keselamatan. Pemeriksaan kampas rem dan volume minyak rem perlu dilakukan secara berkala.
  7. Perawatan Aki – Mulai Rp150 ribuan: Pengecekan tegangan dan kondisi fisik aki, termasuk volume cairan elektrolit (untuk aki basah), merupakan bagian penting dari servis motor rutin.

Kesimpulan:

Servis motor rutin mungkin memerlukan investasi, tetapi hal ini esensial untuk menjaga motor tetap aman, nyaman, dan berkinerja optimal.

Pemilik motor perlu memahami jenis-jenis servis yang diperlukan dan estimasi biaya untuk menjaga keberlanjutan penggunaan motor kesayangan.

Dengan servis rutin yang tepat, motor akan tetap menjadi tunggangan yang handal dan awet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *