OTOMOTIFTIPS

Mudik Lebaran: 6 Aksesori Wajib untuk Dibawa Bersama Sepeda Motor Anda

25
×

Mudik Lebaran: 6 Aksesori Wajib untuk Dibawa Bersama Sepeda Motor Anda

Sebarkan artikel ini
Aksesori Sepeda Motor Yang Harus Dibawa Saat Mudik Lebaran
Aksesori Sepeda Motor Yang Harus Dibawa Saat Mudik Lebaran

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pemerintah selalu menekankan bahwa perjalanan mudik dengan sepeda motor dapat meningkatkan risiko kecelakaan.

Meskipun demikian, beberapa orang masih memilih menggunakan sepeda motor karena dianggap lebih hemat dan fleksibel.

Namun, untuk memastikan perjalanan Anda aman dan nyaman, terdapat beberapa aksesori yang perlu Anda pertimbangkan:

  1. Jaket: Jaket bukan hanya untuk gaya, tetapi juga untuk melindungi Anda dari angin dan cedera. Pilihlah jaket berkualitas dengan protektor untuk meningkatkan perlindungan saat terjadi kecelakaan. Pastikan juga jaket dilengkapi dengan reflektor agar Anda terlihat dengan jelas oleh pengendara lain, terutama saat malam hari.
  2. Helm: Helm adalah aksesori wajib bagi setiap pengemudi dan penumpang sepeda motor. Pastikan Anda menggunakan helm yang telah memenuhi standar keselamatan nasional. Untuk perjalanan jauh, disarankan menggunakan helm full face untuk perlindungan maksimal. Ingatlah bahwa helm juga memiliki umur pakai, jadi pastikan untuk menggantinya setiap lima tahun.
  3. Sepatu: Untuk mengurangi risiko cedera pada kaki, pilihlah sepatu yang nyaman dan kokoh. Hindari sandal atau sepatu terbuka lainnya yang tidak memberikan perlindungan yang cukup.
  4. Box Penyimpanan Barang: Bila Anda membawa barang bawaan, pastikan untuk menyimpannya dalam box penyimpanan. Pilihlah box yang sesuai dengan ukuran sepeda motor Anda dan pastikan kekuatannya agar barang bawaan tetap aman selama perjalanan.
  5. Tool Kit dan Penambal Ban: Siapkan tool kit lengkap untuk mengatasi kerusakan kecil pada sepeda motor. Selain itu, bawa juga penambal ban dan pompa untuk mengantisipasi jika terjadi ban bocor di tengah perjalanan.
  6. Kotak P3K: Pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) juga perlu disiapkan. Isi kotak P3K dengan obat-obatan ringan seperti perban dan obat luka untuk mengatasi kecelakaan kecil selama perjalanan.

Selain aksesori tersebut, pastikan juga kondisi fisik Anda prima selama perjalanan. Istirahatlah secara berkala setiap dua jam dan lakukan peregangan otot untuk menghindari kelelahan.

Dengan mempersiapkan diri dan membawa aksesori yang tepat, Anda dapat menjalani mudik Lebaran dengan aman dan nyaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *