OTOMOTIF

Motor Listrik Tempur: Skuter Matik Ramah Lingkungan yang Inovatif

67
×

Motor Listrik Tempur: Skuter Matik Ramah Lingkungan yang Inovatif

Sebarkan artikel ini
Motor Listrik Tempur, Kok Bisa Pintar Tanpa Cas
Motor Listrik Tempur, Kok Bisa Pintar Tanpa Cas

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Motor listrik Tempur adalah salah satu pilihan terkini dalam dunia skuter matik bertenaga baterai yang resmi dijual di Indonesia.

Produk unggulan ini dihadirkan oleh Smoot Motor Indonesia dengan harga yang cukup terjangkau.

Menariknya, Tempur adalah jawaban bagi mereka yang peduli akan lingkungan dan ingin mengurangi emisi gas rumah kaca dari industri otomotif.

Pengenalan Smoot Tempur

Pertama kali memasuki pasar pada tahun 2021, Smoot Motor Indonesia memiliki visi besar untuk menghadirkan solusi ramah lingkungan dalam industri otomotif.

Salah satu inovasinya adalah ekosistem penukaran baterai atau battery swapping yang dapat ditemui di berbagai lokasi strategis, seperti Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan minimarket.

Dengan sistem ini, pemilik motor Tempur tak perlu repot-repot melakukan pengecasan, cukup menukar baterai yang sudah habis dengan yang penuh di titik penukaran.

Bahkan, Smoot mengklaim bahwa ekosistem tukar baterai mereka adalah yang terbesar di Asia Tenggara.

Setiap titik penukaran baterai dilengkapi dengan sistem manajemen baterai yang terintegrasi, sehingga motor ini bisa dianggap “pintar tanpa cas.”

Pengguna dapat dengan mudah memantau kapasitas baterai, posisi tuas akselerator, jarak tempuh, dan informasi lainnya melalui instrument cluster digital yang terpasang pada setang.

Dimensi dan Spesifikasi Motor

Motor listrik Tempur memiliki dimensi yang kompak, menjadikannya pilihan yang cocok untuk berbagai kalangan.

Berikut adalah dimensi dan spesifikasi teknis dari Smoot Tempur:

  • Panjang: 1.925 mm
  • Lebar: 870 mm
  • Tinggi: 1.140 mm
  • Pedal: 425 mm x 320 mm
  • Wheelbase: 1.320 mm
  • Ground clearance: 130 mm
  • Bobot termasuk baterai: 85 kg

Motor ini memiliki tenaga motor elektrik sebesar 1.500 watt, mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 3.000 watt, dan torsi maksimum mencapai 112 Nm.

Kecepatan maksimum yang dapat dicapai adalah 60 km/jam. Sistem baterai yang digunakan adalah tipe LFP Lithium-ion, dengan kapasitas baterai sebesar 64V / 21 Ah.

Baterai ini memiliki life cycle hingga 1.500 kali pengecasan, dengan daya jelajah hingga 60 km dalam satu kali pengisian.

Yang menarik, waktu penukaran baterai hanya memakan waktu 9 detik, menjadikannya sangat praktis untuk pengguna sehari-hari.

Pilihan yang Populer di Kalangan Ojek Online

Motor listrik Tempur juga telah banyak digunakan oleh ojek online di sekitar Jakarta. Para pengemudi ojek online umumnya puas dengan performa dan efisiensi ekonomis yang ditawarkan oleh motor ini.

Kecepatan instan yang dimiliki motor listrik memerlukan pengereman yang handal, dan motor ini memenuhi harapan dengan penggunaan rem cakram di kedua roda.

Lokasi Penukaran Baterai dan Aplikasi Swap App

Untuk memfasilitasi pengguna, Smoot menyediakan aplikasi bernama Swap App.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menemukan stasiun penukaran terdekat, memesan baterai, memantau kondisi motor listrik, dan bahkan melacak kebiasaan berkendara.

Aplikasi ini juga mendukung pembayaran cashless melalui GoPay dan OVO.

Harga Terjangkau dengan Dukungan Subsidi Pemerintah

Harga motor listrik Tempur yang terjangkau menjadi daya tarik tersendiri.

Harga awalnya sekitar Rp18,5 juta OTR Jadetabek, namun berkat subsidi pemerintah sebesar Rp7 juta, harga Smoot Tempur kini hanya Rp11,5 juta.

Konsumen yang membeli motor ini juga akan mendapatkan garansi baterai dan komponen elektrikal selama 2 tahun.

Kesimpulan

Motor listrik Tempur dari Smoot Motor Indonesia adalah bukti nyata inovasi dalam industri otomotif Indonesia.

Dengan harga terjangkau, ekosistem penukaran baterai yang canggih, dan dukungan pemerintah, motor ini merupakan alternatif ramah lingkungan yang patut dipertimbangkan bagi mereka yang ingin beralih ke kendaraan listrik.

Selain itu, performa dan efisiensi ekonomis motor listrik Tempur menjadikannya pilihan yang menarik bagi para pengemudi ojek online.

Dengan harapan bahwa ekosistem penukaran baterai akan berkembang di seluruh Indonesia, motor listrik Tempur siap menjadi solusi masa depan dalam dunia transportasi bertenaga listrik.