OTOMOTIF

Menuju Peningkatan Kualitas SDM: Hino Berkomitmen Melatih 800 Sopir Hingga Tahun 2024

203
×

Menuju Peningkatan Kualitas SDM: Hino Berkomitmen Melatih 800 Sopir Hingga Tahun 2024

Sebarkan artikel ini
Tingkatkan Kualitas SDM, Hino Targetkan Latih 800 Sopir Di 2024
Tingkatkan Kualitas SDM, Hino Targetkan Latih 800 Sopir Di 2024

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Kecelakaan yang melibatkan truk dan bus telah menjadi permasalahan serius dalam industri transportasi.

Banyak insiden yang dikaitkan dengan kurangnya kualitas para pengemudi, yang seringkali tidak memiliki kompetensi yang memadai.

Salah satu faktor yang turut berkontribusi terhadap rendahnya kompetensi pengemudi adalah usia yang sudah tua.

Mengambil perhatian terhadap isu ini, PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) bersinergi dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia untuk memulai inisiatif baru bernama Hino Indonesia Academy.

Hino Indonesia Academy adalah lembaga pelatihan resmi yang didirikan oleh HMSI dengan tujuan mendukung program ekosistem prakerja.

Program ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada sopir truk dan bus, bukan hanya terfokus pada keterampilan praktis di jalan raya, tetapi juga memberikan pemahaman mendalam tentang industri transportasi yang kompleks.

Santiko Wardoyo, COO Director HMSI, menjelaskan, “Program Ekosistem Prakerja diharapkan dapat mengatasi permasalahan pengangguran dengan memberikan peluang kepada individu untuk mengembangkan keterampilan yang relevan dalam industri yang terus berkembang pesat ini.”

Hal ini diungkapkan dalam acara peluncuran di ICE, BSD, Tangerang, pada Rabu (16/8/2023).

Dalam program Hino Indonesia Academy, para sopir truk dan bus akan mengikuti dua jenis pelatihan utama.

Pertama, pelatihan mengemudi kendaraan besar bus, dan kedua, pelatihan mengemudi kendaraan besar truk.

Kedua jenis pelatihan ini akan diadakan di pusat pelatihan pengemudi yang terletak di Hino Total Support Customer Center (HTSCC) di Purwakarta, Jawa Barat.

Dengan fokus pada pengajaran praktis dan teori yang mendalam, para peserta diharapkan akan mampu mengatasi tantangan yang dihadapi di industri transportasi yang dinamis.

Program ini juga tidak hanya terbatas pada pelatihan mengemudi. Hino Indonesia Academy akan membuka skema Pelatihan Strategi Pemasaran Operasional Industri Otomotif di Kota Tangerang, yang memberikan pemahaman tentang aspek pemasaran yang berkaitan dengan industri otomotif.

Pieter Andre, Head of Hino Indonesia Academy, menambahkan bahwa pada tahun 2024, Hino menargetkan untuk melatih lebih dari 800 sopir bus dan truk melalui program ini.

“Hingga tahun 2024, Hino Indonesia Academy bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada lebih dari 800 peserta dalam bidang mengemudi truk dan bus. Dengan demikian, kami berharap mereka akan menjadi pengemudi truk dan bus yang terampil dan handal,” ungkapnya.

Dengan Hino Indonesia Academy, langkah berarti telah diambil untuk meningkatkan kualitas pengemudi truk dan bus di Indonesia.

Investasi ini diharapkan tidak hanya akan mengurangi angka kecelakaan yang melibatkan kendaraan berat, tetapi juga akan memperkuat industri transportasi secara keseluruhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *