OTOMOTIF

Menantang Batas: Daihatsu Siap Memproduksi 8 Juta Unit Mobil Listrik

76
×

Menantang Batas: Daihatsu Siap Memproduksi 8 Juta Unit Mobil Listrik

Sebarkan artikel ini
Menantang Batas Daihatsu Siap Memproduksi 8 Juta Unit Mobil Listrik
Menantang Batas Daihatsu Siap Memproduksi 8 Juta Unit Mobil Listrik

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Hari Jumat lalu, Daihatsu Indonesia merayakan pencapaian yang luar biasa dengan mencapai jumlah produksi kendaraan sebanyak 8 juta unit.

Acara perayaan tersebut digelar di Sunter Assembly Plant, Jakarta, dan dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Menteri Agus Gumiwang Kartasasmita dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.

Prestasi yang diraih oleh Daihatsu ini mendapatkan apresiasi yang tinggi dari pemerintah dan berbagai pihak terkait industri otomotif di Indonesia.

Menteri Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan harapannya bahwa Daihatsu akan terus mengembangkan teknologi elektrifikasi pada mobil-mobil yang diproduksinya, baik itu dalam bentuk hybrid maupun full electric.

“Diharapkan prestasi baik ini dapat terus ditingkatkan, sehingga posisi ADM (Astra Daihatsu Motor) semakin kuat sebagai salah satu produsen kendaraan bermotor roda empat terbesar di Indonesia, Asia Tenggara, bahkan di dunia,” ujar Menteri Agus dalam sambutannya.

Pemerintah juga memberikan dorongan kepada PT ADM untuk mewujudkan inovasi masa depan dengan target pada tahun 2025, yaitu mengeluarkan lini produksi kendaraan elektrifikasi, baik itu dalam bentuk hybrid maupun full electric di Indonesia.

Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah dalam mengembangkan sektor otomotif yang ramah lingkungan.

Sri Agung Handayani, Direktur Marketing dan Direktur Planning & Communication Astra Daihatsu Motor (ADM), menyatakan kesiapannya menghadapi “tantangan” dari pemerintah terkait elektrifikasi.

Namun, ia belum dapat memberikan detail lebih lanjut mengenai mobil-mobil elektrifikasi Daihatsu yang akan diproduksi di Indonesia.

“Yang penting, kita sudah siap. Prinsip kami adalah melihat kebutuhan pelanggan kami, di mana Daihatsu sendiri adalah first buyer, jadi kami juga harus melihat apakah pelanggan kami sudah siap untuk menggunakan kendaraan hybrid atau kendaraan listrik (EV),” ungkap Sri Agung kepada wartawan.

Capai Produksi 8 Juta Unit, Daihatsu “Ditantang” Bikin Mobil Elektrifikasi
Capai Produksi 8 Juta Unit, Daihatsu “Ditantang” Bikin Mobil Elektrifikasi

Selain mencapai prestasi yang mengesankan dalam produksi kendaraan, Daihatsu juga mengumumkan investasi sebesar Rp2,9 triliun untuk pembangunan pabrik modern dan ramah lingkungan di Karawang Timur.

Pabrik ini memiliki kapasitas produksi sebanyak 140 ribu unit per tahun dan akan fokus pada produksi kendaraan listrik.

“Kami berkomitmen untuk menghasilkan kendaraan listrik di pabrik ini,” kata Presiden Direktur PT ADM, Yasushi Kyoda, dalam sambutannya.

Investasi ini merupakan langkah nyata Daihatsu dalam mendukung perkembangan industri otomotif yang berkelanjutan dan ramah lingkungan di Indonesia.

Diharapkan dengan adanya pabrik modern ini, Daihatsu dapat memperluas jangkauan kendaraan listrik yang diproduksinya, memberikan kontribusi yang positif terhadap perlindungan lingkungan, dan memenuhi kebutuhan mobilitas masa depan.

Daihatsu Indonesia terus menunjukkan komitmennya dalam menghadirkan inovasi dan kontribusi positif bagi industri otomotif di Indonesia.

Dengan pencapaian produksi 8 juta unit kendaraan dan langkah menuju era elektrifikasi, Daihatsu siap untuk menghadapi tantangan masa depan dan terus memperkuat posisinya sebagai salah satu produsen kendaraan terkemuka di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara.