OTOMOTIF

Klarifikasi AHM: Rangka Tidak Berkarat, Ini Alasannya Silikat

24
×

Klarifikasi AHM: Rangka Tidak Berkarat, Ini Alasannya Silikat

Sebarkan artikel ini
AHM Bantah Tudingan Rangka Berkarat, Katanya Silikat
AHM Bantah Tudingan Rangka Berkarat, Katanya Silikat

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – PT Astra Honda Motor (AHM) dengan tegas membantah klaim yang menyebutkan bahwa rangka eSAF yang digunakan pada beberapa model sepeda motor Honda mudah berkarat.

Pernyataan resmi ini dilontarkan melalui media sosial Instagram resmi AHM, yang diunggah oleh akun @welovehonda_id pada Rabu, 23 Agustus 2023.

Dalam video pendek yang diunggah, AHM dengan gamblang menyatakan bahwa warna coklat yang terlihat pada rangka eSAF bukanlah karat, melainkan lapisan silikat.

Penjelasan ini diiringi oleh demonstrasi tentang ketahanan lapisan tersebut terhadap pembersihan menggunakan tisu basah dan kering.

“Dalam video yang diunggah, kami ingin memberikan klarifikasi mengenai lapisan silikat yang terbentuk pada rangka eSAF sepeda motor Honda. Lapisan ini bukan karat, melainkan memiliki manfaat penting dalam melapisi hasil pengelasan dari oksidasi atau karat,” jelas seorang narator dalam video tersebut.

Video tersebut mengilustrasikan proses pembersihan rangka eSAF dengan menggunakan tisu basah untuk membersihkan kotoran dari permukaannya.

Kemudian, lapisan silikat yang terlihat seperti warna coklat dijelaskan bahwa tetap ada bahkan setelah proses pembersihan.

Setelah rangka kembali kering, tisu kering digunakan untuk melapisi lapisan silikat tersebut, dan tidak ada noda atau bekas karat yang terlihat.

Seorang narator dalam video tersebut menjelaskan, “Kami ingin membuktikan bahwa lapisan kecoklatan ini bukanlah karat.

Jika ini adalah karat, saat dibersihkan dengan tisu, pasti akan meninggalkan noda serbuk, namun hal ini tidak terjadi pada rangka eSAF Honda.”

Baca Juga:  Toyota Gratiskan Uji Emisi di Bengkel Resmi Jakarta Hingga Tahun Berakhir

Video ini juga merespons adanya keluhan dari beberapa konsumen mengenai rangka eSAF yang diklaim berkarat meskipun masih baru.

Meskipun AHM telah memberikan klarifikasi yang rinci dalam video tersebut, beberapa netizen masih menyuarakan keraguan mereka di kolom komentar.

Salah satu netizen dengan akun @ezash berpendapat bahwa video yang dirilis oleh akun resmi AHM ini memiliki potensi untuk menjadi kontroversi di masa mendatang.

“Konten seperti ini berpotensi untuk menjadi kontroversi karena tidak sepenuhnya menjelaskan situasi yang terjadi di pasaran saat ini. Semoga pihak terkait lebih bijak dalam membuat konten di masa yang akan datang,” tulis akun tersebut.

Klarifikasi ini menjadi upaya AHM untuk memberikan penjelasan mengenai lapisan silikat pada rangka eSAF sepeda motor Honda, dengan tujuan meredakan kekhawatiran dan keraguan dari konsumen terkait kualitas produk mereka.