OTOMOTIF

Isuzu Akan Merelokasi Pabrik Truknya ke Indonesia: Apakah Ini Benar?

103
×

Isuzu Akan Merelokasi Pabrik Truknya ke Indonesia: Apakah Ini Benar?

Sebarkan artikel ini
Isuzu Akan Merelokasi Pabrik Truknya ke Indonesia Apakah Ini Benar
Isuzu Akan Merelokasi Pabrik Truknya ke Indonesia Apakah Ini Benar

Media90 – Isuzu Akan Pindahkan Pabrik Truk Ke Indonesia, Benarkah?

Pada beberapa waktu yang lalu, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengumumkan rencana Isuzu untuk memindahkan pabrik truk mereka dari Thailand ke Indonesia.

Namun, pernyataan tersebut dibantah oleh pihak Isuzu Motors Ltd. yang menyatakan bahwa mereka tidak memiliki rencana untuk merelokasi pabriknya.

Dalam keterangan resmi yang dilansir oleh Media90 di laman Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Menperin Agus menyampaikan apresiasi terhadap keputusan Isuzu tersebut.

Ia juga berharap agar pemindahan basis produksi dapat berjalan lancar pada tahun 2024 mendatang.

Namun, dilansir dari situs web Reuters, seorang juru bicara dari Isuzu Motors menegaskan bahwa perusahaan mereka tidak berencana untuk merelokasi pabrik Thailand ke Indonesia.

Meskipun ada perbedaan pendapat antara Menperin Agus dan Isuzu Motors, seorang pejabat senior dari Kemenperin, yaitu Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika, Taufiek Bawazier, tetap yakin bahwa Isuzu akan merelokasi pabriknya ke Indonesia.

Bawazier menyatakan bahwa meskipun Isuzu belum mengumumkannya secara resmi, mereka telah memutuskan untuk merelokasi pabrik truk Isuzu, yang dikenal sebagai UD Truck.

Sebagai informasi, Isuzu sudah memiliki pabrik di Indonesia yang terletak di Karawang, Jawa Barat.

Pabrik tersebut saat ini memproduksi kendaraan niaga Traga yang diekspor ke berbagai negara, dengan pasar utama di Filipina dan Timur Tengah.

Isuzu Motors Ltd.
Isuzu Motors Ltd.

Tingkat utilisasi pabrik Isuzu di Indonesia saat ini cukup tinggi, mencapai 85 persen. Pada tahun 2022, produksi pabrik ini mencapai 44.694 unit, atau sekitar 15 persen dari total produksi Isuzu di seluruh dunia.

Selain itu, pabrik ini juga menghasilkan ekspor sebanyak 8.254 unit untuk jenis Completely Built Up (CBU).

Yasuyuki Niijima, Senior Executive Officer Isuzu Motors Ltd., menjelaskan bahwa Indonesia adalah pasar yang sangat penting bagi Isuzu.

Mereka berencana untuk meningkatkan ekspor hingga mencapai 150 negara.

Meskipun pernyataan resmi dari Isuzu Motors masih menunggu, rencana pemindahan pabrik truk Isuzu ke Indonesia telah menjadi perbincangan hangat.

Apakah Isuzu akhirnya akan merelokasi pabriknya ke Indonesia atau tidak, tetap menjadi pertanyaan yang belum terjawab.

Kita harus menantikan pengumuman resmi dari pihak Isuzu untuk mendapatkan kepastian mengenai langkah selanjutnya dari perusahaan ini.