OTOMOTIF

Eksplorasi Wisata Banyuwangi dengan Mobil SUV MG: Menikmati Keindahan Alam yang Memukau

150
×

Eksplorasi Wisata Banyuwangi dengan Mobil SUV MG: Menikmati Keindahan Alam yang Memukau

Sebarkan artikel ini
Eksplorasi Wisata Banyuwangi dengan Mobil SUV MG Menikmati Keindahan Alam yang Memukau
Eksplorasi Wisata Banyuwangi dengan Mobil SUV MG Menikmati Keindahan Alam yang Memukau

Media90 – MG Motor Indonesia telah menjadi pemain yang cukup menonjol di pasar mobil SUV Indonesia dengan dua andalannya, yaitu MG ZS dan MG HS. Kedua model ini menawarkan harga yang kompetitif, dengan MG ZS berkisar antara Rp304,8 juta hingga Rp344,8 juta, sedangkan MG HS dijual mulai dari Rp395,8 juta hingga Rp494,8 juta. Angka ini membuat mobil-mobil SUV MG menjadi pilihan yang menarik bagi konsumen yang mencari mobil SUV dengan harga bersaing.

Tentu saja, harga yang terjangkau bukanlah satu-satunya pertimbangan dalam memilih mobil. Pengalaman berkendara juga merupakan hal yang penting. Meskipun MG ZS dan MG HS telah hadir di Indonesia sejak lama, kami berkesempatan untuk mengenal kedua mobil ini lebih dekat melalui perjalanan kami ke beberapa destinasi wisata di Banyuwangi dan sekitarnya, yang diadakan atas undangan dari MG Motor Indonesia pada pekan lalu, 7-9 Desember 2022.

Ketika kami pertama kali melihat MG ZS dan MG HS, kami langsung terkesan dengan desain modern dan sporty yang mereka miliki. Tampilan eksterior yang elegan dan proporsional memberikan kesan yang menyenangkan. Ketika masuk ke dalam kabin, kualitas bahan yang digunakan terasa baik dan memberikan kesan mewah. Ruang kabin yang luas juga menjadi nilai tambah, karena pengemudi dan penumpang mendapatkan kenyamanan ekstra saat perjalanan jauh.

Selama perjalanan kami, kami juga mengapresiasi kinerja mesin yang tangguh pada kedua mobil ini. Mesin bertenaga memberikan akselerasi yang responsif dan membuat pengemudi merasa percaya diri saat melewati jalan raya atau melewati tikungan tajam. Sistem suspensi yang baik juga memberikan kenyamanan saat berkendara, karena mampu menyerap guncangan dan menjaga stabilitas mobil.

Fitur keselamatan juga menjadi fokus utama dalam mobil-mobil MG. Kedua mobil dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan modern, seperti sistem pengereman anti-lock braking system (ABS), electronic stability program (ESP), sistem pencegahan terbalik (Hill Hold Control), serta airbag ganda untuk melindungi pengemudi dan penumpang.

Tidak hanya itu, MG ZS dan MG HS juga dilengkapi dengan fitur hiburan dan konektivitas terkini. Layar sentuh berukuran besar dengan sistem infotainment yang canggih memudahkan akses pengemudi terhadap navigasi, musik, dan panggilan telepon. Selain itu, fitur konektivitas seperti Bluetooth dan USB juga hadir untuk memastikan konektivitas yang lancar dengan perangkat eksternal.

Kesimpulannya, MG ZS dan MG HS adalah mobil SUV yang menarik dan kompetitif di pasar Indonesia. Dengan harga yang terjangkau, kualitas yang baik, performa yang tangguh, fitur keselamatan yang lengkap, dan fitur hiburan yang canggih, kedua mobil ini menyajikan pengalaman berkendara yang memuaskan. Jika Anda mencari mobil SUV dengan harga bersaing, maka MG ZS dan MG HS adalah pilihan yang patut dipertimbangkan.

MG ZS Magnify: Mengatasi Tantangan Perjalanan dengan Fitur Unggulan

MG ZS Magnify Mengatasi Tantangan Perjalanan dengan Fitur Unggulan
MG ZS Magnify Mengatasi Tantangan Perjalanan dengan Fitur Unggulan

Pada hari pertama perjalanan yang menarik ini, Carmudi berkesempatan berkendara dengan MG ZS varian tertinggi, yakni Magnify. Sebagai seorang penumpang di bangku belakang, terdapat beberapa hal yang harus diakui mengenai SUV seharga Rp300 jutaan ini. Meskipun tidak menyajikan banyak fitur yang ditawarkan kepada penumpangnya, kenyamanan tetap terjaga dengan ruang kaki dan kepala yang ideal.

Meskipun cuaca panas yang khas di daerah pesisir, AC mobil ini mampu menghadapinya dengan baik. Namun, penumpang di belakang harus mengandalkan semburan angin dari depan untuk merasakan kesejukan yang sama. Namun, hal yang menyenangkan bagi penumpang belakang mobil ini adalah mereka tidak perlu repot ketika hendak mengisi daya baterai handphone mereka. Dua power outlet yang tersedia di konsol tengah memudahkan mereka untuk mengisi daya dengan mudah.

Setelah istirahat makan siang, redaksi berkesempatan untuk mengambil alih kemudi. Salah satu hal yang langsung terasa adalah radius putar setir yang agak lebar. Meskipun butuh sedikit adaptasi, hal tersebut dapat diatasi dengan cepat. Perjalanan berlanjut menuju destinasi pertama, yaitu Taman Nasional Baluran yang secara geografis terletak di Situbondo. Rute yang dilalui adalah Jl. Raya Banyuwangi – Situbondo dengan kondisi jalan yang mulus.

Dalam kondisi lalu lintas yang penuh dengan kendaraan besar, mesin MG ZS tetap dapat diandalkan. Meskipun tanpa turbo, mesin tersebut responsif dan mampu untuk mendahului kendaraan di depan atau menaklukkan tanjakan-tanjakan kecil. Mesin MG ZS menggunakan kapasitas 1.498 cc dengan tenaga puncak 82,8 hp dan torsi 150 Nm.

Namun, tidak selamanya perjalanan dihadapkan dengan lalu lintas yang lancar. Rombongan sempat mengalami kemacetan yang disebabkan oleh perbaikan jalan. Pada situasi semacam ini, fitur Auto Vehicle Hold (AVH) pada MG ZS terasa sangat bermanfaat. Fitur ini berfungsi untuk menahan rem mobil secara otomatis sehingga pengendara tidak perlu terus-menerus menginjak rem saat mobil berhenti. Aktivasi fitur ini dapat dilakukan melalui tombol yang terletak di konsol tengah atau tepat di sebelah tombol rem parkir elektrik.

Saat tiba di Taman Nasional Baluran, rombongan dihadapkan dengan jalan masuk yang sempit dan berkelok-kelok. Hal ini menguji kemampuan pengendalian atau handling MG ZS, yang ternyata tergolong stabil. Selain itu, rimbunan pohon di sekitar jalan menggoda keinginan untuk membuka panoramic sunroof yang panjang dan lebar.

Perjalanan menuju Taman Nasional Baluran berlanjut hingga mencapai Pantai Bama yang terletak sekitar 2,8 km di sisi timur Savana Bekol. Di lokasi ini, mobil yang dikendarai oleh redaksi mengalami masalah tekanan angin ban yang menurun. Namun, untungnya masalah tersebut dapat segera diatasi berkat informasi dari fitur Tire Pressure Monitor System (TPMS) yang terdapat pada MG ZS.

Dengan fitur-fitur unggulannya, MG ZS Magnify mampu mengatasi berbagai tantangan perjalanan dengan baik. Kendaraan ini memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penumpang serta memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan. Dengan harga yang terjangkau, MG ZS Magnify menjadi pilihan yang menarik dalam segmen SUV di Indonesia.

MG HS: SUV Yang Menghadirkan Performa Superior dan Fitur Unggulan

Berbeda dengan perjalanan sebelumnya, pada hari kedua, redaksi berkesempatan mengendarai SUV MG HS. Dengan harga lebih tinggi, model ini menawarkan fitur yang lebih baik. Salah satu hal yang menarik adalah pengalaman menjadi penumpang di belakang.

Saat duduk di belakang, redaksi merasakan kenyamanan yang cukup memanjakan. Terdapat armrest dan kisi-kisi AC tersendiri untuk penumpang di sana. Ruang kaki dan kepala juga lebih lega berkat dimensi yang lebih besar pada mobil ini.

Perjalanan hari kedua melibatkan tantangan tanjakan dan turunan tajam di daerah Geopark Ijen. Redaksi melihat kondisi ini sebagai kesempatan baik untuk mencoba fitur-fitur menarik yang ada pada mobil ini, seperti Hill Descent Control (HDC) dan Hill Start Assist (HSA).

Meskipun HDC bukanlah fitur eksklusif hanya tersedia di model ini, karena MG ZS juga memiliki fitur serupa, penggunaan HDC pada MG HS memberikan manfaat yang signifikan. Fitur ini memungkinkan mobil mengatur kecepatan sendiri saat melintasi turunan curam, sehingga pengemudi dapat lebih fokus pada pengendalian kemudi.

Pada MG HS, HDC dapat diaktifkan melalui tombol yang terletak di depan tuas transmisi. Ketika tombol tersebut ditekan, akan muncul indikator berwarna hijau dengan gambar serupa di kluster instrumen. Ini menandakan bahwa HDC telah aktif, dan pengemudi dapat mempercayakan mobil untuk mengatur kecepatan di turunan. Tombol yang sama digunakan untuk mematikan fitur HDC setelah selesai melewati turunan.

Bagi pengemudi yang belum terbiasa, penggunaan fitur HDC mungkin terasa agak canggung. Rem mobil akan aktif secara otomatis, bahkan terkadang agresif, untuk menghentikan putaran roda. Namun, fitur ini sangat berguna dalam mengatasi tantangan medan yang menanjak atau menurun.

Selanjutnya, perjalanan hari kedua menuju De Djawatan Forest, yang terletak sekitar 36 km ke arah selatan dari tempat rombongan menginap. Meskipun kondisi jalan dan lalu lintas tidak terlalu berbeda dengan hari sebelumnya, perjalanan menjadi lebih menyenangkan bersama MG HS.

Hal ini dapat dimengerti karena mobil ini memiliki performa yang superior, didukung oleh mesin turbo 1.500 cc. MG HS mampu dengan mudah melakukan overtaking terhadap kendaraan di depannya, berkat tenaga yang melonjak saat putaran mesin mencapai 2.000 rpm. Secara resmi, mobil ini memiliki tenaga puncak 162 hp dan torsi tertinggi 250 Nm. Mesin ini dipadukan dengan transmisi otomatis 7-kecepatan Twin Clutch Sportronic.

Dengan performa dan fitur-fitur unggulan yang ditawarkan, MG HS menjadi pilihan yang menarik bagi pecinta SUV yang menginginkan kenyamanan, keandalan, dan performa superior. Dengan harga yang sebanding dengan fitur dan performa yang ditawarkan, MG HS menjadi pesaing serius di pasar SUV yang semakin kompetitif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *