OTOMOTIF

Debat Sengit: Toyota Corolla Melawan Honda City, Duel Gahar 2 Sedan Terkemuka dari Negeri Sakura

42
×

Debat Sengit: Toyota Corolla Melawan Honda City, Duel Gahar 2 Sedan Terkemuka dari Negeri Sakura

Sebarkan artikel ini
Perbandingan Toyota Corolla Vs Honda City, Komparasi 2 Sedan Raksasa Jepang
Perbandingan Toyota Corolla Vs Honda City, Komparasi 2 Sedan Raksasa Jepang

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Perbandingan antara Toyota Corolla dan Honda City menjadi topik menarik dalam dunia otomotif, terutama karena keduanya mengisi segmen sedan yang memiliki konsumen setia di pasar Tanah Air.

Meskipun pangsa pasar sedan saat ini hanya sekitar 1 persen, potensinya kembali bergeliat seiring dengan implementasi skema baru Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) yang kini memperhitungkan emisi gas buang sejak 16 Oktober 2021.

Kebijakan ini diharapkan mampu menghapus stigma “diskriminasi” terhadap mobil sedan. Para produsen, seperti PT Honda Prospect Motor (HPM) dan PT Toyota Astra Motor (TAM), menunjukkan sikap optimis dengan meluncurkan produk terbaru di segmen sedan sejak akhir tahun sebelumnya.

HPM memperkenalkan All New Honda City pada 28 Oktober 2021 bersamaan dengan Honda All New Civic untuk konsumen di Indonesia.

Sementara itu, TAM mengikuti langkah serupa pada 8 Februari 2022 dengan merilis Toyota New Corolla Altis.

Harga dan Varian

Dalam hal harga, Honda terlihat lebih sederhana dengan menawarkan satu varian All New Honda City dengan transmisi CVT seharga Rp399,9 juta (on the road DKI Jakarta).

Di sisi lain, Toyota Corolla Altis menawarkan varian yang menggunakan mesin pembakaran internal dengan harga Rp566,7 juta.

Namun, perlu diperhatikan bahwa Toyota New Corolla Altis juga memiliki varian hybrid dengan harga Rp620,1 juta.

Eksterior

Secara fisik, Toyota Corolla Altis tampak lebih besar dengan dimensi 4.630 mm x 1.780 mm x 1.435 mm dibandingkan dengan Honda City yang memiliki dimensi 4.553 mm x 1.748 mm x 1.467 mm.

Meski Honda City unggul pada tinggi bodi, Toyota Corolla Altis memiliki keunggulan pada wheelbase dengan jarak antar sumbu roda sebesar 2.700 mm, sedangkan Honda City hanya 2.600 mm.

Toyota Corolla Altis juga menawarkan pelek 17 inci dan rem cakram baik untuk roda depan maupun belakang, sementara Honda City menggunakan pelek 16 inci dan rem belakang berupa tromol.

Interior

Toyota Corolla Altis kembali unggul dalam hal interior dengan fitur-fitur seperti rem parkir elektris, brake hold, AC dual zone, panel instrumen kluster berwarna, dan head-up display.

Material pembungkus jok yang menggunakan kulit dan kualitas bahan dasbor dan pintu bagian dalamnya juga memberikan kesan modern dan mewah.

Honda City, meskipun menyajikan fitur-fitur seperti paddle shift, cruise control, jok berbahan fabric, tombol engine start-stop, dan AC auto digital, terlihat lebih sederhana dan lebih terkesan elegan dibanding sporty.

Spesifikasi Mesin

Toyota Corolla Altis membawa mesin berkapasitas 1.798 cc dengan tenaga tertinggi 138 hp dan torsi puncak 171,6 Nm.

Sementara Honda City menggunakan mesin berkapasitas 1.498 cc dengan tenaga tertinggi 119,3 hp dan torsi maksimum 145 Nm. Keduanya menggunakan mesin 4-silinder segaris dan transmisi CVT.

Fitur Keselamatan

Meskipun Honda City terlihat kurang unggul dalam beberapa aspek, fitur remote engine start dan multi rearview camera dengan tiga mode menjadi daya tarik tersendiri.

Selain itu, fitur keselamatan seperti airbag 6 buah, Hill Start Assist (HSA), dan Vehicle Stability Control (VSC) menjadi nilai tambah.

Toyota Corolla Altis juga menyajikan HSA dan VSC, namun keunggulan khususnya terletak pada fitur Blind Spot Monitoring (BSM).

Dengan segala pertimbangan ini, pemilihan antara Toyota Corolla Altis dan Honda City bukanlah keputusan yang mudah.

Selisih harga yang signifikan perlu diperhatikan dengan cermat, dan konsumen harus mempertimbangkan kebutuhan dan preferensi pribadi mereka sebelum membuat keputusan akhir.