OTOMOTIF

Analisis Estetika Wuling BinguoEV: Suasana Retro atau Sentuhan Klasik yang Menghiasi Desainnya?

82
×

Analisis Estetika Wuling BinguoEV: Suasana Retro atau Sentuhan Klasik yang Menghiasi Desainnya?

Sebarkan artikel ini
Review Wuling BinguoEV, Desainnya Lebih Pantas Disebut Retro Atau Kuno
Review Wuling BinguoEV, Desainnya Lebih Pantas Disebut Retro Atau Kuno

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Mobil listrik semakin mengukuhkan kehadirannya di Indonesia, dan salah satu yang tengah menjadi sorotan adalah Wuling BinguoEV.

Diperkenalkan dalam tahap pre-launch pada bulan November 2023, mobil ini menjanjikan pengalaman berkendara yang modern dengan berbagai keunggulan.

Mari kita eksplor lebih dalam tentang BinguoEV, dari desain retro hingga program kepemilikan yang menarik.

Perjalanan BinguoEV ke Indonesia

BinguoEV adalah mobil listrik kedua dari Wuling untuk pasar Indonesia, mengikuti kesuksesan Air EV.

Seperti pendahulunya, BinguoEV awalnya diluncurkan di Cina sebelum memasuki pasar Indonesia.

Pertama kali hadir di Cina dengan nama BingoEV pada Maret 2023, mobil ini kemudian tampil di Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) Indonesia pada Mei 2023.

Desainnya yang berdimensi besar dan bentuk serba membulat mencuri perhatian, sementara unit yang dipamerkan masih berupa setir kiri.

Desain Eksterior yang Memikat

Salah satu daya tarik utama BinguoEV adalah desain eksteriornya yang unik. Dengan dimensi yang lebih besar dibandingkan Air EV, mobil ini mengusung bentuk serba membulat dari depan hingga belakang.

Wuling menggunakan istilah retro, klasik, dan ikonik untuk menggambarkan desainnya.

Meskipun memanggil memori era awal mobil Cina di Indonesia, BinguoEV tetap menyematkan sentuhan modern, termasuk lampu LED, finishing dual tone, dan pilihan warna yang unik.

Interior yang Menghadirkan Nuansa Retro

Nuansa retro dari eksterior juga terpancar dalam desain interior BinguoEV. Dengan dua baris bangku yang mampu menampung lima penumpang, mobil ini menciptakan keseimbangan antara desain lama dan modern.

Panel tengah dasbor, bentuk kisi-kisi AC, dan jok dengan jahitan khas menciptakan atmosfer klasik.

Meski menggunakan setir di sebelah kanan, tata letak dasbor tidak mengalami perubahan signifikan dari versi setir kiri yang dipamerkan sebelumnya.

Performa dan Jarak Tempuh

BinguoEV menawarkan dua varian dengan jarak tempuh maksimum yang menjadi ciri khas nama varian tersebut.

Varian BinguoEV 333 Km menggunakan baterai 31,9 kWh, sementara BinguoEV 410 Km dilengkapi dengan baterai 37,9 kWh. Keduanya menggunakan motor elektrik 50 kW.

Keputusan Wuling untuk menamai varian berdasarkan jarak tempuhnya memberikan kemudahan bagi konsumen dalam memilih sesuai kebutuhan.

Program Kepemilikan yang Menarik

Wuling memberikan dorongan ekstra kepada calon pembeli BinguoEV dengan sejumlah promo menarik.

Program Lifetime Core EV Component Warranty menjadi nilai tambah bagi pembeli varian BinguoEV 410 Km pada masa pre-booking. Ini mencakup garansi seumur hidup untuk power battery, drive motor, dan motor control unit.

Selain itu, paket promo mencakup gratis AC Charging Device, perawatan berkala, voucher listrik, dan aksesori mobil. Namun, sebagaimana kebanyakan promo, terdapat syarat dan ketentuan yang berlaku.

Persaingan di Pasar

BinguoEV tidak sendirian di pasar mobil listrik Indonesia. Neta V menjadi salah satu rivalnya dengan jarak tempuh maksimum 384 kilometer dan harga sekitar Rp379 juta.

Sementara itu, MG 4 EV menawarkan pilihan yang lebih premium dengan harga Rp649,9 juta.

Harga pasti BinguoEV masih menjadi misteri, namun, dengan promo-promo menarik yang ditawarkan, Wuling berusaha memposisikan mobil ini sebagai pilihan yang menggiurkan di tengah persaingan yang semakin sengit.

Kesimpulan

Wuling BinguoEV hadir sebagai pilihan menarik di segmen mobil listrik Indonesia.

Dengan desain retro yang memikat, program kepemilikan yang menguntungkan, dan variasi varian berdasarkan jarak tempuh, mobil ini menawarkan alternatif yang menarik bagi konsumen yang mencari keseimbangan antara gaya klasik dan teknologi modern.

Meski harga masih menjadi pertanyaan besar, namun dengan promo-promo yang ditawarkan, BinguoEV berpotensi menjadi pesaing serius di pasar mobil listrik Tanah Air.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *