IQRA

Melangkah Menuju Keberkahan: Niat dan Doa Setelah Sholat Tahajud Menurut Sunnah Nabi

134
×

Melangkah Menuju Keberkahan: Niat dan Doa Setelah Sholat Tahajud Menurut Sunnah Nabi

Sebarkan artikel ini
Melangkah Menuju Keberkahan Niat dan Doa Setelah Sholat Tahajud Menurut Sunnah Nabi
Melangkah Menuju Keberkahan Niat dan Doa Setelah Sholat Tahajud Menurut Sunnah Nabi

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Sebelum membahas niat dan doa setelah sholat Tahajud, perlu diketahui bahwa sholat Tahajud adalah ibadah sunnah yang dilakukan pada malam hari setelah tidur.

Meskipun ibadah ini bukanlah wajib, namun memiliki keutamaan yang luar biasa dan memberikan manfaat yang besar bagi kehidupan sehari-hari.

Dalam artikel ini, kita akan membahas niat dan doa setelah Sholat Tahajud serta keutamaan dan manfaatnya hingga bagaimana kita dapat mengaplikasikan praktik ini dalam rutinitas kita.

Karena dengan mengamalkan Sholat ini secara rutin, kita akan mendapatkan keberkahan dalam berbagai aspek kehidupan.

Niat Sholat Tahajud

Dalam buku Panduan Sholat Wajib & Sunnah Sepanjang Masa Rasulullah SAW karya Ustaz Arif Rahman, bacaan niat sholat Tahajud sebagai berikut:

أصلي سُنَّة التَّهَجُدِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Latin: Ushalli sunnatat tahajjudi rak’ataini lillahi ta’aala

Artinya: “Saya berniat mengerjakan sholat sunnah Tahajud dua rakaat karena Allah Ta’aala.”

Doa Setelah Sholat Tahajud

Umat muslim dianjurkan juga membaca doa Sholat Tahajud sesuai dengan yang disebutkan dalam hadits Nabi Muhammad SAW. Berikut bacaan doa setelah Tahajud sesuai sunnah,

Dalam Tulisan Arab

اَللهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Dalam Tulisan Latin

Allâhumma rabbana lakal hamdu. Anta qayyimus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu anta malikus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu anta nûrus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu antal haq. Wa wa’dukal haq. Wa liqâ’uka haq. Wa qauluka haq. Wal jannatu haq. Wan nâru haq. Wan nabiyyûna haq. Wa Muhammadun shallallâhu alaihi wasallama haq. Was sâ’atu haq. Allâhumma laka aslamtu. Wa bika âmantu. Wa alaika tawakkaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khâshamtu. Wa ilaika hâkamtu. Fagfirlî mâ qaddamtu, wa mâ akhkhartu, wa mâ asrartu, wa mâ a’lantu, wa mâ anta a’lamu bihi minnî. Antal muqaddimu wa antal mu’akhkhiru. Lâ ilâha illâ anta. Wa lâ haula, wa lâ quwwata illâ billâh.

Artinya

“Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar. Hari Kiamat itu benar. Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya pada-Mu dasar putusanku. Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku. Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah.” (HR Bukhari dan Muslim)

Keutamaan

Sholat Tahajud adalah ibadah yang memiliki keutamaan luar biasa dan manfaat yang besar dalam kehidupan sehari-hari.

Melalui Sholat Tahajud, kita dapat memperkuat hubungan spiritual dengan Allah SWT, membangun kesadaran dan ketakwaan, meningkatkan konsentrasi dan fokus, menenangkan hati dan pikiran, serta membangun keutamaan dan akhlak mulia.

Sholat Tahajud memiliki keutamaan yang sangat penting dalam agama Islam, bahkan dikatakan sebagai sholat utama setelah sholat fardhu lima waktu. Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasul SAW bersabda,

“Rasulullah pernah ditanya mengenai sholat paling utama sesudah sholat wajib, beliau menjawab, ‘Sholat tengah malam (qiyamul lail).” (HR Muslim dan dinilai shahih).

Mendekatkan diri kepada Allah SWT

Sholat Tahajud memberikan kesempatan bagi kita untuk berkomunikasi secara pribadi dengan Allah SWT.

Pada waktu tersebut, dunia cenderung lebih tenang, dan kita dapat memusatkan pikiran dan hati kita sepenuhnya pada ibadah.

Dalam kesunyian malam, kita dapat merenungkan kebesaran Allah SWT, memohon ampunan, dan memperbaiki hubungan spiritual dengan-Nya.

Meningkatkan Ketakwaan

Melakukan Sholat Tahajud secara teratur membantu meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT.

Dengan mempersembahkan sebagian malam kita untuk beribadah kepada Allah, kita menjadi lebih disiplin, bertanggung jawab, dan meningkatkan kesadaran akan kehadiran-Nya dalam setiap aspek kehidupan kita.

Sholat Tahajud juga membantu meningkatkan kualitas ibadah kita secara keseluruhan.

Penguatan Konsentrasi

Sholat Tahajud melibatkan konsentrasi yang tinggi karena dilakukan pada saat yang tenang dan sepi.

Dengan melakukan sholat Tahajud secara rutin, kita dapat melatih dan meningkatkan konsentrasi serta fokus kita.

Kemampuan ini juga dapat membantu kita dalam menjalani tugas dan tanggung jawab sehari-hari dengan lebih baik.

Penyejuk Hati dan Pikiran

Rutinitas hidup yang sibuk dan tekanan dari berbagai aspek kehidupan dapat membuat hati dan pikiran kita gelisah.

Sholat Tahajud memberikan kesempatan untuk menenangkan hati dan pikiran kita.

Ketika kita merenungkan ayat-ayat suci Al-Qur’an dan berdoa, kita dapat merasakan ketenangan dan kedamaian yang datang dari Allah SWT.

Hal ini membantu kita mengatasi stres dan kecemasan, serta meningkatkan kesejahteraan mental kita.

Membentuk Akhlak Mulia

Sholat Tahajud juga membantu dalam membentuk akhlak mulia.

Dalam ibadah ini, kita berusaha untuk meningkatkan kesabaran dan ketekunan.

Selain itu, kita juga diajarkan untuk bersikap rendah hati, tawadhu’, dan berbagi dengan sesama.

Dengan melaksanakan Sholat ini secara rutin, kita dapat meningkatkan diri kita menjadi pribadi yang lebih baik.

Mendapat Keberkahan

Sholat Tahajud juga membawa keberkahan dalam kehidupan sehari-hari kita. Allah SWT berjanji untuk memberikan rahmat-Nya kepada orang-orang yang mengamalkan sholat ini dengan sungguh-sungguh.

Keberkahan ini dapat tercermin dalam berbagai aspek kehidupan, seperti karier, keluarga, hubungan sosial, dan kehidupan spiritual kita.

Penutup

Mari kita jadikan Sholat Tahajud sebagai bagian yang penting dalam rutinitas ibadah kita untuk meningkatkan kualitas hidup dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *