BERITA

Workshop Lamemba: FEB IIB Darmajaya Mengupas Pengisian Instrumen Akreditasi

155
×

Workshop Lamemba: FEB IIB Darmajaya Mengupas Pengisian Instrumen Akreditasi

Sebarkan artikel ini
Workshop Lamemba FEB IIB Darmajaya Mengupas Pengisian Instrumen Akreditasi
Workshop Lamemba FEB IIB Darmajaya Mengupas Pengisian Instrumen Akreditasi

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Senin, 17 Juli 2023, Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya melalui Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) mengadakan Workshop Pengisian Instrumen Akreditasi Lamemba (Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi) di Aula Pascasarjana Lantai 2.

Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah narasumber terkemuka dan diresmikan oleh Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Riset, RZ Abdul Aziz, mewakili Rektor IIB Darmajaya, Dr. Ir. Firmansyah Y. Alfian, MBA., M.Sc.

Dalam sambutannya, RZ Abdul Aziz menjelaskan bahwa program studi yang berada di bawah FEB telah melalui proses akreditasi oleh BAN-PT pada tahun-tahun sebelumnya.

Namun, untuk tahun depan, FEB berharap agar program studi yang sudah mempersiapkan diri dengan hasil Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) audit dapat melakukan reakreditasi dengan Lamemba.

Untuk itu, IIB Darmajaya mengundang Guru Besar Universitas Lampung, Prof. Dr. Rindu Rika Gamayuni, S.E., M.Si., sebagai narasumber dalam workshop ini.

Workshop tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada para ketua program studi dan dekanat mengenai instrumen akreditasi Lamemba.

RZ Abdul Aziz berharap bahwa melalui workshop ini, program studi di FEB dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik untuk proses akreditasi Lamemba di masa depan.

Selain itu, program studi Bisnis Digital juga siap untuk melakukan reakreditasi dengan Lamemba dan berharap dapat mendapatkan predikat “baik sekali” pada proses tersebut.

Prof. Dr. Rindu Rika Gamayuni, sebagai narasumber utama, menjelaskan berbagai instrumen akreditasi program studi Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (EMBA).

Instrumen ini mengacu pada Perban 4 tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Instrumen Akreditasi.

Dalam paparannya, Prof. Rindu menyampaikan kriteria-kriteria yang harus dipenuhi, mulai dari visi, misi, tujuan, dan strategi (kriteria 1), tata kelola, tata pamong, dan kerjasama (kriteria 2), mahasiswa (kriteria 3), sumber daya manusia (kriteria 4), keuangan, sarana, dan prasarana (kriteria 5), pendidikan (kriteria 6), penelitian (kriteria 7), pengabdian masyarakat (kriteria 8), hingga luaran dan capaian Tri Dharma (kriteria 9).

Workshop ini juga dihadiri oleh beberapa tokoh penting di IIB Darmajaya, antara lain Wakil Rektor 2 Ronny Nazar, S.E., M.M., Wakil Rektor 3 Muprihan Thaib, S.Sos., M.M., Staf Ahli Rektor Prof. Dr. Anuar Sanusi, S.E., M.Si., Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Aswin, S.E., M.M., Wakil Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Anik Irawati, S.E., M.Sc., serta seluruh ketua program studi yang berada di bawah Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Diharapkan dengan adanya workshop ini, FEB IIB Darmajaya dapat meningkatkan kualitas program studi melalui persiapan yang lebih baik dalam menghadapi proses akreditasi Lamemba.

Dengan demikian, FEB berharap prodi-prodi seperti Manajemen dan Akuntansi juga dapat meraih predikat unggul pada proses akreditasi yang akan datang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *