BERITA

Upaya Peningkatan Kualitas Akademis: Universitas Teknokrat Indonesia Memperluas Tim Dosen dengan Tambahan Tenaga Ahli Doktor Ilmu Komputer

225
×

Upaya Peningkatan Kualitas Akademis: Universitas Teknokrat Indonesia Memperluas Tim Dosen dengan Tambahan Tenaga Ahli Doktor Ilmu Komputer

Sebarkan artikel ini
Universitas Teknokrat Indonesia Tambah Dosen Doktor Ilmu Komputer
Universitas Teknokrat Indonesia Tambah Dosen Doktor Ilmu Komputer

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Hari ini menjadi catatan bersejarah bagi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK) Universitas Teknokrat Indonesia (UTI), karena dua dosen unggulan mereka, Heni Sulistiani dan Erliyan Redi Susanto, berhasil meraih gelar Doktor (S3) MIPA di bidang Ilmu Komputer dari Universitas Lampung.

Sidang promosi terbuka yang dilaksanakan di Ruang Sidang Lantai Tiga Gedung Dekanat FMIPA Universitas Lampung menjadi saksi keberhasilan keduanya.

Heni Sulistiani menjadi lulusan ke-8, sementara Erliyan Redi Susanto menjadi lulusan ke-9 Program Studi (Prodi) Doktor Ilmu Komputer dengan predikat sangat memuaskan.

Dalam sidang promosi, Heni Sulistiani memaparkan disertasinya berjudul “Implementasi Berbagai Metode Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) Pada Gangguan Kepribadian (Narcissistic Personality Disorder: NPD)”.

Baca Juga:  Kasus Terungkap: Pria Guru Ngaji di Pugung Tanggamus Terlibat Modus Pasang Susuk, Cabuli Lima Bocah

Di sisi lain, Erliyan Redi Susanto membahas disertasinya dengan judul “Implementasi Metode Kecerdasan Buatan pada Penyakit Thalasemia”.

Kedua disertasi ini memberikan kontribusi signifikan dalam bidang kesehatan. Erliyan Redi Susanto berhasil mengembangkan sistem berbasis Artificial Intelligence (AI) untuk membantu mendiagnosis penyakit Thalasemia berdasarkan gejala yang dialami pasien.

Sementara itu, Heni Sulistiani fokus pada evaluasi kinerja metode AI untuk penyakit Narcissistic Personality Disorder dan pengembangan model untuk meningkatkan keakuratan metode machine learning.

Keduanya mendapat bimbingan dari Prof. Admi Syarif, Ph.D., sebagai promotor, serta Prof. Dr. dr. Khairunnisa Berawi dan Prof. Dr. Warsito, M.Sc., sebagai co-promotor.

Prof. Admi Syarif, Ph.D., menyatakan bahwa penelitian ini telah memberikan dampak signifikan, terutama dalam dunia medis.

Hasil penelitian keduanya telah dipublikasikan dalam tiga karya tulis yang terindeks scopus pada jurnal-jurnal internasional bereputasi dan konferensi internasional.

Baca Juga:  Hasil Tiga Hari Operasi Zebra: 206 Pengendara Ditilang dan 902 Kena Teguran oleh Polda Lampung

Sidang terbuka ini dipimpin oleh Rektor Universitas Lampung, Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., IPM., ASEAN Eng. Dekan FMIPA Unila, Dr. Eng. Heri Satria, S.Si., M.Si., serta Ketua Program Studi Doktor MIPA, Dr. G. Nugroho Susanto, turut hadir dalam acara tersebut.

Tim penguji eksternal dari IIB Darmajaya, RZ. Abdul Aziz, ST., MT., Ph.D., dan tim penguji internal, Dr. rer. nat. Akmal Junaidi, M.Sc., dan Prof. Dr. Hendri Busman, M.Biomed., memberikan kontribusi dalam menilai kualitas penelitian keduanya.

Wakil Rektor Universitas Teknokrat Indonesia, Dr. H. Mahathir Muhammad, SE., MM., dan jajaran memberikan ucapan selamat dan sukses kepada Dr. Heni Sulistiani, S.Kom., M.Kom., dan Dr. Erliyan Redi Susanto, S.Kom., M.Kom., atas capaian gelar Doktor Ujian Terbuka tersebut.

Baca Juga:  Optimalkan Standar Penelitian: Polinela Tawarkan Wawasan Global melalui Seminar Internasional ICoAAS 2023

Mahathir berharap ilmu yang diperoleh dapat bermanfaat untuk membangun pendidikan bangsa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *