BERITA

Upaya Pelestarian Alam: Dharma Wanita Kemenag Lampung Menanam Ribuan Mangrove untuk Menjaga Keberlanjutan Lingkungan di Pesisir Pesawaran

38
×

Upaya Pelestarian Alam: Dharma Wanita Kemenag Lampung Menanam Ribuan Mangrove untuk Menjaga Keberlanjutan Lingkungan di Pesisir Pesawaran

Sebarkan artikel ini
Peduli Lingkungan, Dharma Wanita Kemenag Lampung Tanam Ribuan Mangrove di Pesisir Pesawaran
Peduli Lingkungan, Dharma Wanita Kemenag Lampung Tanam Ribuan Mangrove di Pesisir Pesawaran

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Dharma Wanita Kementerian Agama (Kemenag) Lampung menggelar kegiatan penanaman ribuan pohon mangrove sebagai bagian dari upaya pelestarian lingkungan di Pesisir Pantai Pesawaran.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa (26/12/2023) di lokasi Cuku Nyinyi, Desa Sidodadi, Teluk Pandan, Pesawaran.

Puji Raharjo, Kepala Kantor Wilayah Kemenag Lampung, menyatakan bahwa kegiatan ini membawa banyak nilai positif, terutama terkait dengan keberlanjutan lingkungan.

Dalam pernyataannya, ia menjelaskan, “Saat ini kami masih bisa menikmati keberagaman biota laut yang lezat seperti kepiting, kerang, dan ikan, karena habitat mereka masih terjaga.”

Puji Raharjo juga menyoroti urgensi keberlanjutan mangrove dan memberikan dukungannya terhadap aksi Dharma Wanita Kanwil Kemenag Lampung dalam menjaga habitat di Pesisir Pantai Pesawaran.

“Hutan mangrove tidak hanya berperan sebagai tempat hidup bagi binatang laut, tetapi juga sebagai stabilisator garis pantai, pencegah erosi akibat ombak, dan penambah lahan pantai,” ujar Puji Raharjo.

Bupati Pesawaran, Dendi Romadalam, memberikan apresiasi positif terhadap kegiatan penanaman mangrove yang dilakukan oleh Dharma Wanita Kemenag Lampung.

Dendi Romadalam berharap bahwa gerakan ini dapat dijadikan inspirasi oleh masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan.

Ia juga menekankan pentingnya menjaga dan melindungi pesisir pantai, terutama dalam konteks pengembangan potensi wisata bahari di Pesawaran.

Ketua Dharma Wanita Kanwil Kemenag Lampung, Mardhoti Puji, menjelaskan bahwa kegiatan bakti sosial ini sejalan dengan peringatan Hari Amal Bhakti Kementerian Agama ke-78, peringatan Hari Ibu, dan HUT Dharma Wanita ke-24.

“Kami menekankan komitmen terhadap keberlanjutan mangrove di Lampung, total ada seribu pohon mangrove telah disiapkan Dharma Wanita untuk ditanam,” ungkap Mardhoti Puji.

Mardhoti Puji berharap semangat bersatu dalam pelestarian lingkungan dari Dharma Wanita Persatuan dan Kanwil Kemenag Lampung dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat dalam menjaga keberlanjutan alam di daerah pesisir.

Upaya kolektif ini diharapkan dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi ekosistem laut dan lingkungan sekitarnya.