BERITA

Universitas Terbuka Bandar Lampung Selenggarakan Program Inkubasi Usaha Mikro di Desa Surya Mataram

6
×

Universitas Terbuka Bandar Lampung Selenggarakan Program Inkubasi Usaha Mikro di Desa Surya Mataram

Sebarkan artikel ini
Universitas Terbuka Bandar Lampung Gelar Inkubasi Usaha Mikro di Desa Surya Mataram
Universitas Terbuka Bandar Lampung Gelar Inkubasi Usaha Mikro di Desa Surya Mataram

Media90 – Universitas Terbuka Bandar Lampung menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema “Inkubasi Usaha Mikro dan Kecil” di Desa Surya Mataram, Kecamatan Marga Tiga, Kabupaten Lampung Timur, pada Rabu (28/8/2024).

Program ini diinisiasi oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Terbuka sebagai bagian dari upaya nasional untuk menerapkan hasil penelitian dalam membantu masyarakat mengatasi berbagai tantangan dan memanfaatkan potensi lokal.

PKM ini mencakup berbagai aspek, termasuk pemberdayaan masyarakat, penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEKS), serta peningkatan kapasitas dan layanan masyarakat.

Universitas Terbuka telah merancang program ini dalam lima skema, yaitu Dosen/Komunitas, Nasional, Penugasan/Kemitraan, Kewirausahaan, dan Internasional, yang semuanya dirancang untuk memberikan dampak nyata bagi masyarakat.

Baca Juga:  Operasi Krakatau: Polres Lampung Selatan Sasar Lima Titik Penting Selama 14 Hari

Ketua Tim Pelaksana PKM, Eli Budi Santoso, menyampaikan bahwa tujuan utama kegiatan ini adalah untuk meningkatkan ketahanan hidup, pendapatan, serta mengurangi pengangguran di Desa Surya Mataram.

Melalui inkubasi usaha mikro dan kecil, peserta memperoleh pendampingan dalam strategi pemasaran, analisis titik impas (break even point), dan pemahaman tentang kebijakan pemerintah daerah terkait UMKM.

Dalam kegiatan ini, Universitas Terbuka juga menggandeng narasumber dari Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Lampung Timur.l

Salah satu bentuk dukungan yang diberikan adalah bantuan modal berupa delapan unit gerobak angkringan yang diberikan kepada peserta dari setiap dusun di desa tersebut.

Kepala Desa Surya Mataram, Ismail Subing, menyampaikan apresiasi atas bantuan ini dan berharap bahwa sarana yang diberikan akan berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian warga.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Koperasi dan UMKM, Rohiman, S.IP, juga menyampaikan dukungan penuh dan mengucapkan terima kasih atas inisiatif Universitas Terbuka.

Baca Juga:  Ini Dia Hasil Kolaborasi Dosen Prodi Akuntansi dan Prodi Sistem Informasi IIB Darmajaya: Buku 'Auditing' Terbit!

Ia berharap program serupa dapat diperluas ke desa-desa lainnya di Kabupaten Lampung Timur.

Direktur Universitas Terbuka Bandar Lampung, Dra. Sri Ismulyaty, M.Si., menekankan pentingnya pemanfaatan bantuan ini untuk meningkatkan kesejahteraan penerima manfaat.

Ia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dan menegaskan komitmen Universitas Terbuka dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan ekonomi masyarakat, terutama di daerah perdesaan.

Melalui program ini, Universitas Terbuka Bandar Lampung menunjukkan dedikasinya terhadap pengembangan masyarakat dan peningkatan ekonomi lokal, membuktikan bahwa pendidikan tinggi dapat berperan langsung dalam memperbaiki kesejahteraan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *