BERITA

Universitas Lampung (Unila) Merayakan Kukuhkan Tujuh Guru Besar Baru dalam Berbagai Bidang Ilmu

272
×

Universitas Lampung (Unila) Merayakan Kukuhkan Tujuh Guru Besar Baru dalam Berbagai Bidang Ilmu

Sebarkan artikel ini
Unila Kukuhkan Tujuh Guru Besar Baru Diberbagai Ilmu, ini Nama-Namanya
Unila Kukuhkan Tujuh Guru Besar Baru Diberbagai Ilmu, ini Nama-Namanya

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Gedung Serba Guna (GSG) Unila menjadi saksi pelantikan tujuh guru besar baru pada Senin, 6 November 2023.

Ketujuh guru besar ini berasal dari berbagai fakultas, mengukuhkan keberagaman ilmu di universitas ini.

Dua dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), dua dari Fakultas Pertanian, satu dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), satu dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), dan satu dari Fakultas Teknik.

Rektor Unila, Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., IPM., ASEAN Eng, merasa bangga dengan pengukuhan tujuh guru besar ini, yang membawa jumlah guru besar di Unila menjadi 119.

Prof. Lusmeilia Afriani menyatakan, “Ini menjadi modal penting yang akan berdampak positif pada akreditasi Unila, terlebih lagi pada tahun 2023, ketika Unila telah masuk dalam peringkat universitas kelas dunia.”

Baca Juga:  Kolaborasi Inovatif: SiMoniK dan Dinas Koperasi UKM Pesawaran Gandeng IIB Darmajaya untuk Pengembangan GIS UMKM

Menurut Prof. Lusmeilia Afriani, kehadiran banyak guru besar ini akan mengilhami inovasi, kreativitas, dan penelitian yang akan memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan citra Unila di dunia internasional.

Berikut adalah tujuh guru besar beserta judul orasi ilmiah mereka:

  1. Prof. Dr. Erlina Rufaidah, M.Si.
    • Bidang: Ekonomi Pertanian/Agribisnis
    • Judul Orasi Ilmiah: “Model Kemitraan Produksi dan Penentuan Harga Pokok dalam Peningkatan Kesejahteraan dan Keberlanjutan Agroindustri Ubi Kayu.”
  2. Prof. Dr. Bambang Irawan, M.Sc.
    • Bidang: Ilmu Biologi
    • Judul Orasi Ilmiah: “Fungi Lignoselulolitik untuk Biokonversi Limbah Organik Sumber Unsur Hara dan Penekan Patogen Tanaman.”
  3. Prof. Dr. Dra. Endang Nurcahyani, M.Si.
    • Bidang: Ilmu Biologi
    • Judul Orasi Ilmiah: “Perakitan Varietas Unggul Vanili Tahan Penyakit Layu Fusarium Berbasis Bioteknologi dan Teknik Molekular.”
  4. Prof. Ir. Irza Sukmana, S.T., M.T., Ph.D., IPU.
    • Bidang: Ilmu Material
    • Judul Orasi Ilmiah: “Aplikasi Magnesium dan Hidroksiapatit Berbasis Bahan Alam Lampung untuk Biomaterial Implan Tulang.”
  5. Prof. Dr. Ir. Slamet Budi Yuwono, M.S.
    • Bidang: Ilmu Pengelolaan DAS
    • Judul Orasi Ilmiah: “Implementasi Resource Sharing dan Cost Sharing untuk Mendukung Pengelolaan DAS yang Berkelanjutan.”
  6. Prof. Dr. Marselina, S.E., M.P.M.
    • Bidang: Ilmu Ekonomi Publik
    • Judul Orasi Ilmiah: “Mengapa Negara Harus Berhutang? dan Ada masalah Apa dengan Hutang?”
  7. Prof. Dr. Andy Corry Wardhani, M.Si.
    • Bidang: Ilmu Komunikasi
    • Judul Orasi Ilmiah: “Komunikasi Kepala Daerah dan Penegakan Prinsip EPIC untuk Mencegah Konflik.”
Baca Juga:  Semangat Persatuan dan Gotong Royong Ditekankan oleh Rektor Universitas Malahayati dalam Perayaan Momen HUT ke-78 RI

Pelantikan ketujuh guru besar ini adalah tonggak penting bagi Unila dan merupakan bukti komitmen universitas ini dalam mendukung pengembangan ilmu pengetahuan yang beragam untuk mencapai standar internasional.

Unila semakin berkembang menjadi pusat pendidikan dan penelitian yang terkemuka, memberikan kontribusi positif dalam dunia ilmu pengetahuan dan akademik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *