BERITA

Kemenkominfo RI dan Perguruan Tinggi Wilayah II Jalin Kerjasama untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan

50
×

Kemenkominfo RI dan Perguruan Tinggi Wilayah II Jalin Kerjasama untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan

Sebarkan artikel ini
Untungkan Mahasiswa Nih! IIB Darmajaya Jalin Kerjasama dengan BPSDM Kemenkominfo RI
Untungkan Mahasiswa Nih! IIB Darmajaya Jalin Kerjasama dengan BPSDM Kemenkominfo RI

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pada Kamis, 3 November 2023, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) melakukan kerjasama yang menjanjikan dengan perguruan tinggi di Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah II.

Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Pemanfaatan Barang Milik Negara (BMN) dan Implementation Agreement Sinergi Kurikulum Perguruan Tinggi.

Salah satu perguruan tinggi yang turut serta dalam kerjasama ini adalah Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya.

Keempat program studi yang terlibat dalam penandatanganan tersebut meliputi Teknik Informatika, Sistem Informasi, Sistem Komputer, dan Sains Data.

Plt Rektor IIB Darmajaya, RZ Abdul Aziz, S.T., M.T., Ph.D., menyambut baik kerjasama ini sebagai langkah penting dalam mendukung peningkatan kualitas pembelajaran dan hasil kelulusan.

Dia menyatakan bahwa kerjasama ini akan memberikan manfaat nyata kepada dosen dan mahasiswa dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia yang kompeten dan diakui secara internasional.

Selain itu, RZ Abdul Aziz juga mencatat bahwa pemanfaatan peta okupasi bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) akan sejalan dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), sehingga lulusan dari keempat program studi tersebut akan siap untuk memenuhi kebutuhan industri.

Lebih lanjut, IIB Darmajaya memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP), yang memungkinkan lulusan tidak hanya mendapatkan ijazah, tetapi juga sertifikasi dalam bidang tertentu.

Ini memberikan manfaat bagi dunia industri yang dapat mengakses lulusan yang telah memiliki kemampuan tersertifikasi sesuai dengan SKKNI.

RZ Abdul Aziz menekankan komitmen IIB Darmajaya untuk terus meningkatkan kualitas lulusan setiap tahunnya, mengikuti perubahan zaman dan teknologi serta kebutuhan industri.

Kepala LLDikti Wilayah II, Prof. Dr. Ishkaq Iskandar, M.Sc., juga mengapresiasi penandatanganan kerjasama ini dan berharap bahwa kerjasama ini akan menghasilkan lulusan yang lebih unggul dalam menghadapi tantangan dunia industri di Indonesia.

Prof. Ishkaq menyampaikan terima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh Kemenkominfo RI dalam kerjasama dengan perguruan tinggi di LLDikti Wilayah II.

Dia berharap bahwa dengan adanya kerjasama ini, perguruan tinggi di Sumatra, khususnya Wilayah II, akan menjadi favorit bagi calon mahasiswa.

Acara penandatanganan kerjasama ini dihadiri oleh Kepala BPSDM Kemenkominfo RI Dr. Eng. Hary Budiarto, M.Kom., IPM., serta jajaran pimpinan empat perguruan tinggi, yaitu Universitas Bengkulu, Institut Bisnis dan Teknologi Palcomtech, IIB Darmajaya, dan Universitas Muhammadiyah Metro.

Kerjasama ini diharapkan akan membawa manfaat besar dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan persiapan lulusan untuk memasuki dunia industri yang kompetitif.