BERITA

Unila Perkuat Kerjasama Strategis Pendidikan dengan Universitas ENTPE Perancis

56
×

Unila Perkuat Kerjasama Strategis Pendidikan dengan Universitas ENTPE Perancis

Sebarkan artikel ini
Unila Perpanjang Kerjasama Pendidikan Strategis Dengan Universitas ENTPE Perancis
Unila Perpanjang Kerjasama Pendidikan Strategis Dengan Universitas ENTPE Perancis

Media90 – Universitas Lampung (Unila) kembali memperpanjang kerjasama strategis dengan l’Ecole Nationale des Travaux Publics de l’Etat (ENTPE), Perancis.

Langkah ini diresmikan oleh Rektor Unila, Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., IPM., ASEAN Eng, saat berkunjung ke kampus ENTPE pada Jumat, 7 Juni 2024.

Dalam kunjungan tersebut, delegasi Unila terdiri dari Wakil Rektor Bidang Akademik, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Ketua LPPM, Dekan Fakultas MIPA, serta beberapa dosen.

Mereka disambut oleh jajaran pimpinan ENTPE, termasuk Xavier Olagnec (Senior Vice-President ENTPE), Dr. Nicolas Farges (Director of Economic Development, Continuing Education, and International Relations), Dr. Luc Delattre (Director of Research), dan Dr. Eric Charmes (Senior Researcher of Interdisciplinary Studies/EVS RIVES).

Delegasi Unila mengikuti serangkaian kegiatan di ENTPE, seperti workshop tentang sistem pendidikan tinggi di Perancis, yang terdiri dari Universitas dan Grande Ecole, sistem penelitian di Perancis yang tergabung dalam UMR, diseminasi hasil penelitian, serta diskusi mengenai peluang kerjasama lebih lanjut.

Puncak kunjungan tersebut adalah penandatanganan perjanjian kerjasama untuk memperpanjang hubungan antara Unila dan ENTPE yang telah terjalin sejak tahun 2012.

Kerjasama ini telah menghasilkan berbagai inisiatif, termasuk program student mobility, di mana mahasiswa ENTPE secara berkala melaksanakan magang selama 4,5 bulan di Unila.

Program ini terlaksana dengan dukungan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung dan pembiayaan dari ENTPE.

Rektor Unila, Prof. Lusmeilia Afriani, menegaskan komitmen Unila untuk mempererat dan mengembangkan kerjasama tersebut di berbagai bidang seperti penelitian bersama, pertukaran dosen dan staf, serta reviewer jurnal.

Dalam pidatonya saat penandatanganan kesepakatan, Rektor Unila menyatakan keinginan untuk memperdalam kerjasama.

“Kami ingin memperluas dan memperdalam kerjasama antara Unila dan ENTPE dalam berbagai bidang seperti pertukaran mahasiswa, mobilitas dosen, pembimbingan bersama tesis dan disertasi Ph.D, penelaahan jurnal, penelitian bersama, dan lain-lain. Dari pertemuan ini, saya berharap dapat menciptakan peluang untuk mengembangkan kerjasama antara kedua universitas,” tegas Lusmeilia Afriani.

Sementara itu, Dr. Nicolas Farges dari ENTPE mengungkapkan apresiasi terhadap kunjungan balasan Rektor Unila, setelah sebelumnya ia berkunjung ke Unila pada tahun 2014.

Direktur Internasional ENTPE itu juga menekankan bahwa kerjasama internasional memerlukan upaya ekstra dan akan berjalan lancar jika dikelola oleh orang yang tepat.

Dengan komitmen yang ditunjukkan pimpinan Unila, Dr. Farges optimistis bahwa kerjasama tersebut dapat dikonkretkan dan memberikan manfaat bagi kedua institusi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *