BERITA

Unila Membangun Konsorsium Semi Konduktor: Undangan Prestisius dari Bavarian Semiconductor Congress 2024 di Jerman

94
×

Unila Membangun Konsorsium Semi Konduktor: Undangan Prestisius dari Bavarian Semiconductor Congress 2024 di Jerman

Sebarkan artikel ini
Siapkan Konsorsium Semi Konduktor di Indonesia, Unila Diundang Bavarian Semi Conductor Congress 2024 di Jerman
Siapkan Konsorsium Semi Konduktor di Indonesia, Unila Diundang Bavarian Semi Conductor Congress 2024 di Jerman

Media90 – Rektor Universitas Lampung (Unila), Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., IPM., ASEAN Eng., bersama Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Eng. Suripto Dwi Yuwono, S.Si., M.T., aktif berpartisipasi dalam program Semi Conductor Education Roadshow 2024 Indonesia – Germany di Jerman pada Senin (3/6/2024).

Kegiatan tersebut, yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Jerman di Berlin, diikuti oleh 18 delegasi dari berbagai perguruan tinggi dan lembaga di Indonesia.

Unila, bersama dengan 17 delegasi lainnya, turut serta dalam dua agenda utama program tersebut.

Pada agenda pertama, delegasi Unila menghadiri Bavarian Semiconductor Congress (BSC) 2024 dan bertemu dengan Bavarian Chips Design Center (BCDC), serta melakukan kunjungan ke Infineon Regensburg.

BSC 2024 merupakan pertemuan tahunan yang diselenggarakan oleh The Bavarian Ministry of Economic Affairs, Regional Development, bekerjasama dengan Bavarian Chips Alliance.

Dalam kegiatan ini, Rektor Unila Prof. Lusmeilia Afriani turut serta bersama Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Berlin, Dr. rer. nat. Roniyus Marjunus, S.Si., M.Si., yang juga merupakan Dosen FMIPA Unila.

Pada agenda kedua, delegasi Unila melakukan kunjungan ke laboratorium inovasi dan pabrik teknologi tinggi, Infineon Regensburg, bersama dengan delegasi lainnya.

Dr. Suripto Dwi Yuwono, yang mewakili Unila, melakukan kunjungan ke fasilitas produksi Infineon di Regensburg, Jerman.

Dr. Suripto Dwi Yuwono, dalam komentarnya, menyatakan bahwa Unila bersama dengan beberapa universitas lainnya seperti ITB, UGM, USU, UB, ITK, ITS, UI, Unhas, dan Itera sedang mempersiapkan diri untuk membangun konsorsium semi konduktor Indonesia.

Hal ini merespons permintaan pemerintah, yang menekankan pentingnya pengembangan sumber daya manusia di bidang teknologi industri.

“Kami percaya bahwa kebijakan ini akan menjadi kunci pertumbuhan ekonomi Indonesia dan langkah menuju cita-cita Indonesia emas dalam jangka pendek. LPDP akan menyediakan dana untuk pengembangan sumber daya bagi mereka yang ingin melanjutkan studi S1, S2, S3, postdoctoral, dan penelitian,” tambahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *