BERITA

Unila dan Brigif 4 Marinir Bersatu dalam Pengembangan Ketahanan Pangan: Sinergi untuk Kemajuan Bersama

83
×

Unila dan Brigif 4 Marinir Bersatu dalam Pengembangan Ketahanan Pangan: Sinergi untuk Kemajuan Bersama

Sebarkan artikel ini
Unila dan Brigif 4 MarinirBS Jalin Kerjasama Kembangkan Ketahanan Pangan
Unila dan Brigif 4 MarinirBS Jalin Kerjasama Kembangkan Ketahanan Pangan

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Rektor Universitas Lampung (Unila), Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., IPM., ASEAN Eng, dan stafnya melakukan audiensi dengan Brigade Infanteri (Brigif) 4 Marinir/BS pada Kamis (18/4/2024).

Pertemuan tersebut berlangsung di Markas Brigif 4 Marinir/BS, Gedong Tataan, Pesawaran, Lampung, dan disambut hangat oleh Komandan Brigif 4 Marinir/BS, Kolonel Mar Supriadi Tarigan, S.Ip., M.M., serta jajaran pimpinan lainnya.

Salah satu agenda utama pertemuan ini adalah penandatanganan perjanjian kerjasama (PKS) antara Unila dan Brigif 4 Marinir/BS.

Selain itu, keduanya juga membahas potensi kerjasama yang dapat dieksplorasi dan ditingkatkan dalam berbagai bidang, khususnya pengembangan ketahanan pangan.

Kerjasama yang disepakati meliputi program-program pengembangan ketahanan pangan yang mencakup pertanian, perikanan, dan peternakan.

Adapun ruang lingkup kerjasama tersebut mencakup berbagai aspek, seperti perbantuan keahlian, peningkatan kapasitas dan kompetensi, penelitian, pengembangan teknik dan metode, serta peningkatan jejaring dan kompetensi kelembagaan.

Prof. Lusmeilia Afriani menyatakan bahwa Unila memiliki beragam bidang ilmu yang dapat mendukung pengembangan ketahanan pangan.

Ia juga menekankan pentingnya kolaborasi antara institusi pendidikan dan pihak militer dalam mencapai tujuan tersebut.

Di samping itu, terdapat usulan-usulan kolaborasi lain yang dibahas dalam pertemuan tersebut, seperti penelitian di bidang kelautan, program peningkatan kapasitas dengan fokus pada nasionalisme dan bela negara bagi mahasiswa, serta bidang seni dan budaya.

Kolonel Mar Supriadi juga menyambut baik usulan tersebut, bahkan mengusulkan pengembangan inovasi teknologi dan penelitian tentang drone dengan dukungan para pakar di Unila.

Kedua belah pihak berharap bahwa kerjasama ini akan memberikan kontribusi yang signifikan dalam pengembangan program ketahanan pangan, sehingga masyarakat sekitar dapat merasakan dampak positifnya.

Pertemuan berlanjut dengan kunjungan ke lokasi ketahanan pangan binaan Brigif 4 Marinir/BS, seperti budidaya ikan dengan bioflok, tanaman pangan, dan lokasi latihan menembak.

Pertemuan lanjutan antara Unila dan Brigif 4 Marinir/BS direncanakan akan dilaksanakan minggu depan di lokasi yang berbeda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *