BERITA

UBL Terpilih sebagai Satu-Satunya Kampus di Indonesia untuk Kolaborasi Penelitian dengan Pemerintah China

0
×

UBL Terpilih sebagai Satu-Satunya Kampus di Indonesia untuk Kolaborasi Penelitian dengan Pemerintah China

Sebarkan artikel ini
UBL Ditunjuk Jadi Satu-Satunya Kampus di Indonesia Terlibat Penelitian di Bulan Bareng Pemerintah China
UBL Ditunjuk Jadi Satu-Satunya Kampus di Indonesia Terlibat Penelitian di Bulan Bareng Pemerintah China

Media90 – Universitas Bandar Lampung (UBL) terus memperkuat kerjasama dengan berbagai pihak di tingkat nasional maupun internasional.

Kali ini, UBL mendapatkan kehormatan sebagai satu-satunya universitas di Indonesia yang ditunjuk sebagai mitra resmi dalam kerjasama penelitian Lunar Deep Space Exploration bersama Pemerintah China.

Acara penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) berlangsung di Huangshan Crown Plaza Hotel, Anhui, China, dalam acara bergengsi 2nd International Deep Space Exploration Conference (2nd IDSEC, Tiandu Forum 2024).

Dalam kesempatan ini, UBL diwakili oleh dua peneliti dari Pusat Studi Mekatronika dan Otomatisasi (PSMO), yaitu Dr. Riza Muhida dan Dr. Muhammad Riza.

Mereka turut serta dalam penandatanganan MoU yang melibatkan ratusan peneliti dari berbagai negara.

Baca Juga:  Performa Optimal! Inilah Keunggulan Mesin Terbaru Motor Honda Vario 160, Menawarkan Keseimbangan Berkendara yang Tak Tertandingi

Dr. Riza Muhida, Kepala PSMO UBL, mengungkapkan bahwa undangan dari Pemerintah China untuk menghadiri konferensi ini merupakan sebuah kehormatan sekaligus peluang besar bagi UBL.

“DSEL didirikan oleh China National Space Administration (CNSA) bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Anhui dan University of Science and Technology of China (USTC),” kata Dr. Riza Muhida pada Minggu (8/9/2024).

Penelitian ini akan fokus pada eksplorasi bulan, yang dianggap sebagai lokasi potensial untuk mendukung kelanjutan kehidupan di bumi.

Menurut Dr. Muhida, setelah serangkaian pertemuan dengan CNSA, UBL dipilih untuk mewakili Indonesia dan bergabung dengan ilmuwan dari negara-negara maju dalam bidang antariksa.

“Penunjukan ini merupakan kesempatan emas, kehormatan, dan kebanggaan bagi kami di UBL,” ujarnya. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Rektor UBL yang sangat mendukung kehadiran mereka dalam kegiatan ini.

Baca Juga:  Skandal Palsu: Orang Ngaku Jadi Staf Ketua KPK Minta Sumbangan di Lampung, KPK Langsung Bantah!

Projek penelitian di bulan ini melibatkan lebih dari 50 negara dan 500 organisasi internasional, termasuk universitas, pusat studi ilmiah, dan observatorium.

Selain itu, 5.000 ilmuwan dari berbagai disiplin ilmu akan terlibat dalam penelitian dan inovasi teknologi di bidang eksplorasi luar angkasa.

Dengan terlibat dalam program ini, UBL tidak hanya menegaskan komitmennya terhadap penelitian ilmiah tingkat tinggi, tetapi juga berkontribusi pada perkembangan teknologi dan pengetahuan dalam eksplorasi luar angkasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *