BERITA

Tumbuhnya Kesadaran Energi: SMKN 3 Kotabumi Menggerakkan Gerakan Sekolah Peduli Bersama dengan REC PLN di Lampung

31
×

Tumbuhnya Kesadaran Energi: SMKN 3 Kotabumi Menggerakkan Gerakan Sekolah Peduli Bersama dengan REC PLN di Lampung

Sebarkan artikel ini
Gunakan REC PLN, SMKN 3 Kotabumi Jadi Inisiator Sekolah Peduli Energi Bersih di Lampung

Media90 – SMKN 3 Kotabumi, yang terletak di Lampung Utara, telah resmi menjadi sekolah pertama di Lampung yang mengadopsi energi bersih melalui pembelian Renewable Energy Certificate (REC) dari PLN.

Langkah ini merupakan hasil kolaborasi antara SMKN 3 Kotabumi dan PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Lampung, sebagai bagian dari komitmen untuk mendukung target pemerintah mencapai net zero emission pada tahun 2060.

Sugeng Widodo, General Manager PLN UID Lampung, menjelaskan bahwa REC PLN adalah solusi untuk memenuhi kebutuhan akan listrik hijau, dengan sertifikat energi hijau ini memungkinkan SMKN 3 Kotabumi untuk menggunakan listrik yang berasal dari energi baru terbarukan secara internasional diakui.

“Dengan langkah strategis ini dari SMKN 3 Kotabumi, kami berharap ini akan menjadi titik awal inspiratif bagi institusi pendidikan dan pemerintahan lainnya di Lampung untuk bergabung dalam penggunaan energi bersih,” ujar Sugeng.

Baca Juga:  General Manager PLN Lampung Menguak Esensi Energi Berkelanjutan sebagai Narasumber Seminar EEA

Kepala SMKN 3 Kotabumi, Zainal Abidin, menyambut baik langkah ini sebagai bagian dari upaya sekolah untuk menjadi lingkungan yang ramah lingkungan.

Dia menegaskan komitmen sekolah untuk mengintegrasikan pendidikan tentang energi bersih ke dalam kurikulum mereka, termasuk program konversi motor listrik dan pembelian REC PLN.

“Kami berkomitmen untuk menciptakan ekosistem pendidikan yang berkelanjutan dengan mendorong penggunaan energi baru terbarukan, sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk mencetak SDM yang unggul dan kompeten,” tambah Zainal.

Manajer PLN UP3 Kotabumi, Henry Nugroho, mengapresiasi kontribusi SMKN 3 Kotabumi dalam mewujudkan penggunaan energi hijau di kalangan institusi pendidikan.

Dia menjelaskan bahwa pembelian 39 unit REC oleh SMKN 3 Kotabumi setara dengan menggunakan 39 MWh energi listrik dari pembangkit EBT PLN, yang telah terverifikasi sesuai standar internasional dengan sistem pelacakan elektronik yang ketat.

“REC PLN ini dapat dimanfaatkan oleh berbagai sektor termasuk industri dan bisnis untuk klaim penggunaan listrik berbasis EBT, dan PLN terus mempromosikan penggunaan REC PLN kepada pelanggan potensial sebagai bagian dari komitmen mendukung energi bersih,” jelas Henry Nugroho.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *