BERITA

Transformasi Mendalam: Universitas Malahayati Bantu Korban Perundungan SMP Baitul Jannah melalui Aplikasi Skrining Stres Android

67
×

Transformasi Mendalam: Universitas Malahayati Bantu Korban Perundungan SMP Baitul Jannah melalui Aplikasi Skrining Stres Android

Sebarkan artikel ini
Universitas Malahayati Gelar Pemberdayaan Skrining Stres Berbasis Android ke Korban Perundungan di SMP Baitul Jannah
Universitas Malahayati Gelar Pemberdayaan Skrining Stres Berbasis Android ke Korban Perundungan di SMP Baitul Jannah

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Program Studi (Prodi) Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Malahayati telah meluncurkan program pemberdayaan skrining stres berbasis Android untuk membantu anak-anak yang menjadi korban perundungan di SMP IT Islamic School Baitul Jannah Bandar Lampung.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan siswa dengan mengurangi tingkat stres akibat tindakan perundungan.

Pemberdayaan ini dilakukan oleh tim dosen dari bidang keperawatan, kebidanan, dan psikologi, menggunakan aplikasi Android ramah lingkungan.

Pendekatan ini mengurangi penggunaan kertas, membuat proses menjadi lebih efisien dan berkelanjutan. Program ini dibiayai oleh DRTPM Ristekdikti tahun anggaran 2023.

Eka Yudha Chrisanto, Ketua Pengusul Utama Hibah, S.Kep.,Ns.,M.Kep, menjelaskan bahwa perundungan di sekolah merupakan masalah yang umum terjadi, termasuk tindakan seperti memaki, menampar, menyebarkan gosip, mencibir, memukul, mengancam, dan mengucilkan.

“Jika tidak ditangani dengan tepat, masalah ini dapat berdampak pada kesehatan mental siswa dan bahkan bisa memengaruhi prestasi belajar mereka,” kata Eka Yudha Chrisanto.

Tujuan utama dari program ini adalah untuk melakukan skrining terhadap siswa yang mungkin mengalami stres akibat perundungan sehingga dapat memberikan penanganan yang sesuai dengan tingkat stres yang dialami.

Kegiatan ini mencakup berbagai aspek, termasuk sosialisasi tentang pengunduhan aplikasi, pengisian kuesioner, penilaian hasil kuesioner, dan sesi diskusi tentang cara mengatasi stres dan perundungan di sekolah.

Para peserta diharapkan dapat menerapkan pengetahuan yang mereka peroleh dalam kehidupan sehari-hari dan di lingkungan sekolah.

Eka Yudha berharap, “Kegiatan ini dapat membantu mencegah perundungan di sekolah sehingga siswa dapat merasa aman dan nyaman dalam beraktivitas.”

Acara ini dihadiri oleh sejumlah dosen dari Prodi Ilmu Keperawatan, serta melibatkan dosen dari Prodi Kebidanan dan Psikologi Universitas Malahayati.

Selain itu, perwakilan mahasiswa Prodi Ilmu Keperawatan juga turut serta dalam kegiatan ini. Materi penyuluhan diberikan oleh Lili Tobing, Kepala Sekolah SMP IT Islamic School Baitul Jannah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *