BERITA

Transformasi Bisnis Cemerlang, PLN Berhasil Masuk 10 Perusahaan Terbaik Asia Tenggara Versi Fortune

33
×

Transformasi Bisnis Cemerlang, PLN Berhasil Masuk 10 Perusahaan Terbaik Asia Tenggara Versi Fortune

Sebarkan artikel ini
Transformasi Bisnis Mentereng Sukses Bawa PLN Masuk 10 Besar Perusahaan Terbaik di Asia Tenggara Versi Fortune
Transformasi Bisnis Mentereng Sukses Bawa PLN Masuk 10 Besar Perusahaan Terbaik di Asia Tenggara Versi Fortune

Media90 – Transformasi bisnis yang dijalankan PT PLN (Persero) berhasil membawa perusahaan ini masuk dalam daftar 10 besar perusahaan terbaik di Asia Tenggara versi 500 Fortune Southeast Asia tahun 2024.

Di bawah kepemimpinan Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, perusahaan menunjukkan kinerja bisnis yang positif dan pertumbuhan keuangan yang signifikan.

Pencapaian ini menempatkan PLN pada peringkat enam, mengalahkan banyak perusahaan multinasional di kawasan tersebut.

Darmawan Prasodjo menjelaskan bahwa capaian ini merupakan tonggak sejarah bagi PLN yang telah konsisten melakukan transformasi bisnis berbasis digital secara end-to-end selama 3,5 tahun terakhir.

“Kami mendigitalkan seluruh proses bisnis mulai dari pembangkit, transmisi dan distribusi, sistem keuangan, sistem pengadaan dan pembayaran, hingga sistem layanan pelanggan kami. Saat ini, PLN menjadi makin lincah, kokoh, dan trengginas,” ujar Darmawan dalam keterangannya, Rabu (9/6/2024).

Darmawan juga menegaskan bahwa keberhasilan ini adalah hasil kerja keras seluruh insan PLN yang berdedikasi penuh untuk melayani masyarakat Indonesia.

“Saya berterima kasih dan mendedikasikan capaian ini kepada seluruh insan PLN yang telah memberikan upaya maksimal, sehingga mampu mengubah proses bisnis dari yang manual menjadi terdigitalisasi. Pada akhirnya, hal ini memungkinkan PLN mencapai posisi ini untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan,” lanjut Darmawan.

PLN mencatat pendapatan sebesar USD32,01 miliar dengan laba mencapai USD1,44 miliar. Perusahaan juga memiliki aset senilai USD108,51 miliar dan menyerap tenaga kerja sebanyak 51.245 orang.

“Raihan positif ini sejalan dengan visi PLN untuk menjadi top 500 global company. Kami berkomitmen terus mendorong transformasi bisnis yang sejalan dengan mandat pemerintah, untuk menyediakan energi listrik yang andal dan hijau,” ungkap Darmawan Prasodjo.

Pemimpin Redaksi Fortune Asia, Clay Chandler, menambahkan bahwa fokus Fortune pada kawasan Asia Tenggara disebabkan oleh meningkatnya peran ekonomi kawasan ini dalam ekonomi global.

“Fortune Southeast Asia 500 mencerminkan kawasan yang dinamis dan cepat berubah, dengan ekonomi yang tumbuh jauh lebih cepat daripada Eropa atau Amerika Serikat,” jelas Clay Chandler.

Menurut Clay, Asia Tenggara kini memegang peran yang lebih penting dalam ekonomi global, terutama karena banyak perusahaan multinasional global 500 telah mengalihkan rantai pasokan mereka ke negara-negara di kawasan ini.

Dalam daftar Fortune Southeast Asia 500 tahun 2024, Indonesia mendominasi dengan 110 perusahaan, diikuti oleh Thailand dengan 107 perusahaan, Malaysia dengan 89 perusahaan, Singapura dengan 84 perusahaan, Vietnam dengan 70 perusahaan, Filipina dengan 38 perusahaan, dan Kamboja dengan dua perusahaan.

Transformasi dan kinerja cemerlang PLN ini tidak hanya menunjukkan prestasi perusahaan, tetapi juga mencerminkan peningkatan kualitas pelayanan listrik di Indonesia yang semakin maju dan modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *