BERITA

Tinjauan Langsung: Presiden Jokowi di PEVS, PLN Siap Menyokong Ekosistem Kendaraan Listrik

88
×

Tinjauan Langsung: Presiden Jokowi di PEVS, PLN Siap Menyokong Ekosistem Kendaraan Listrik

Sebarkan artikel ini
Presiden Jokowi Kunjungi PEVS, Dirut PLN Paparkan Kesiapan Ekosistem Kendaraan Listrik
Presiden Jokowi Kunjungi PEVS, Dirut PLN Paparkan Kesiapan Ekosistem Kendaraan Listrik

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menjadwalkan kunjungan ke Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta pada Jumat (3/5/2024), menandai komitmen pemerintah untuk mendorong pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air.

Kehadiran Presiden Jokowi di booth PT PLN (Persero) menjadi momen penting dalam acara tersebut.

Dalam sambutannya, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyampaikan kesiapan PLN untuk mendukung pertumbuhan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Presiden Jokowi menyambut baik pameran kendaraan listrik PEVS ini sebagai langkah positif dalam meningkatkan minat masyarakat terhadap kendaraan ramah lingkungan.

Dia juga menyoroti potensi besar industri kendaraan listrik di Indonesia yang diyakininya akan terus berkembang di masa depan.

“Pameran kendaraan listrik (PEVS) ini sangat menarik, saya melihat ada banyak jenis kendaraan mulai dari sepeda motor hingga mobil, bahkan bus dan truk juga ada,” ujar Jokowi.

Jokowi menekankan pentingnya pengembangan industri pendukung untuk memperkuat ekosistem kendaraan listrik. Salah satu fokusnya adalah pembangunan pabrik baterai yang diharapkan segera beroperasi.

“Bulan depan itu pabrik industri baterai sudah mulai berproduksi, sehingga harapan kami ini ekosistem segera terbangun, segera terbentuk, dan kami senang sekarang untuk sepeda motor listrik yang berproduksi sudah 59 pabrik, bangunan besar ekosistem EV ini benar-benar harus dijaga, jangan sampai ada hambatan-hambatan,” tambah Jokowi.

Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PLN, menjelaskan bahwa PLN telah aktif dalam membangun infrastruktur kendaraan listrik, termasuk pengadaan stasiun pengisian dan penukaran baterai listrik yang tersebar di berbagai daerah.

“Hingga kini, tercatat ada 1.370 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), 9.886 Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU), dan 2.182 Stasiun Penukaran Baterai Listrik Umum (SPBKLU), PLN juga berinovasi mengembangkan 2.000 unit SPKLU pada tiang listrik (Pole Mounted) yang tersebar diseluruh Indonesia,” ungkap Darmawan.

Selain infrastruktur fisik, PLN juga telah mengembangkan layanan digital, seperti fitur EV Digital Services (EVDS) di Super Apps PLN Mobile.

Fitur ini memudahkan pengguna kendaraan listrik untuk mengakses informasi tentang stasiun pengisian terdekat, layanan test drive, pemasangan home charging, marketplace untuk membeli kendaraan listrik, serta merencanakan perjalanan jauh.

Dukungan yang semakin kuat terhadap ekosistem kendaraan listrik tercermin pada periode arus mudik dan arus balik libur Lebaran 1445 Hijriah lalu.

PLN telah memastikan seluruh rest area di jalur mudik dilengkapi dengan stasiun pengisian kendaraan listrik, menanggapi peningkatan minat masyarakat terhadap kendaraan ramah lingkungan.

“Minat masyarakat untuk menggunakan kendaraan listrik semakin meningkat, jadi PLN menjawab kebutuhan itu dengan menyediakan fasilitas SPKLU disetiap titik strategis dan seluruh rest area tol di jalur mudik, tingginya animo masyarakat tercermin dari meningkatnya jumlah transaksi dan konsumsi listrik SPKLU,” kata Darmawan.

Data mencatat bahwa selama periode H-7 sampai dengan H+7 Idulfitri tahun 2024, jumlah transaksi di SPKLU meningkat menjadi 11.377, sementara konsumsi listrik mencapai 226,5 Mega Watt hour (MWh), mewakili peningkatan signifikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Kunjungan Presiden Jokowi ke PEVS 2024 dan komitmen PLN dalam mendukung pertumbuhan ekosistem kendaraan listrik menjadi sinyal positif bagi industri otomotif Indonesia menuju masa depan yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *