BERITA

Tingkat Partisipasi Tinggi: Ratusan Mahasiswa SNBP Bersaing di Seleksi Wawancara Calon Penerima KIP Kuliah

72
×

Tingkat Partisipasi Tinggi: Ratusan Mahasiswa SNBP Bersaing di Seleksi Wawancara Calon Penerima KIP Kuliah

Sebarkan artikel ini
Ratusan Mahasiswa SNBP Ikuti Seleksi Wawancara Calon Penerima KIP Kuliah
Ratusan Mahasiswa SNBP Ikuti Seleksi Wawancara Calon Penerima KIP Kuliah

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pada Kamis (18/4/2024), Universitas Lampung (Unila) menggelar seleksi wawancara program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah bagi mahasiswa yang telah lolos Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP). Acara tersebut berlangsung di Aula Fakultas Pertanian Unila.

Program Indonesia Pintar (PIP) adalah inisiatif pemerintah yang memberikan bantuan berupa uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar kepada peserta didik dan mahasiswa dari keluarga miskin atau rentan miskin untuk mendukung pendidikan mereka.

Proses wawancara merupakan salah satu tahapan penting dalam seleksi penerimaan PIP, sesuai dengan Permendikbud Nomor 10 Tahun 2020 tentang Program Indonesia Pintar.

Seleksi ini dibagi menjadi tiga sesi untuk menentukan kelulusan KIP Kuliah.

Pengumuman hasil seleksi wawancara akan dilakukan setelah rapat pleno untuk meninjau hak dan kelayakan mahasiswa sebagai penerima KIP Kuliah, serta memastikan ketepatan sasaran penerima.

Selanjutnya, akan dilakukan survei tempat calon penerima KIP Kuliah di setiap daerah untuk memastikan kebenaran data sesuai dengan berkas yang dikirim.

Proses pendaftaran dimulai dengan mendaftar di laman KIP Kuliah, kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan berkas dan proses verifikasi, serta seleksi wawancara. Akhir dari proses ini adalah pengumuman penerima.

Sopiana, S.Sos., M.Si, Koordinator Kemahasiswaan Unila, menyatakan harapannya agar program KIP Kuliah dapat tepat sasaran bagi mahasiswa yang membutuhkan, terutama yang memiliki prestasi.

Program ini memberikan pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi, biaya hidup, dan pembebasan biaya UKT bagi mahasiswa penerima.

Seorang mahasiswa dari Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP), Shabrina Anindita, berbagi pengalamannya terkait proses seleksi penerimaan KIP Kuliah Unila.

Dia mengungkapkan rasa semangatnya untuk lolos dalam tahapan seleksi beasiswa ini, meskipun mengalami kendala pada awal pendaftaran karena persiapan berkas yang cukup banyak.

KIP Kuliah diharapkan dapat menjamin kelangsungan pendidikan dengan memberikan pembebasan biaya kuliah di perguruan tinggi serta menjamin penyalurannya dari masuk kuliah hingga menyelesaikan masa studi.

Program ini menjadi salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan akses pendidikan bagi semua lapisan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *