BERITA

Tim PKM Polinela Memperkenalkan Metode Pembibitan Okulasi yang Revolusioner di CV Jaya Mandiri Agro, Lampung Timur

219
×

Tim PKM Polinela Memperkenalkan Metode Pembibitan Okulasi yang Revolusioner di CV Jaya Mandiri Agro, Lampung Timur

Sebarkan artikel ini
Tim PKM Polinela Beri Pengetahuan Metode Pembibitan Okulasi di CV Jaya Mandiri Agro, Lampung Timur
Tim PKM Polinela Beri Pengetahuan Metode Pembibitan Okulasi di CV Jaya Mandiri Agro, Lampung Timur

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pada tanggal 30 Mei 2023, Politeknik Negeri Lampung (Polinela) melalui Program Studi (Prodi) Teknologi Perbenihan telah melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di CV Jaya Mandiri Agro, Pekalongan, Lampung.

Kegiatan ini merupakan bagian dari implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi dan bertajuk “Transfer Teknologi Pengembangan Bibit Buah Durian Unggul Lokal.”

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dalam memproduksi bibit durian unggul lokal yang tersertifikasi, sehingga memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

Tim Dosen yang terlibat dalam kegiatan PKM Polinela dipimpin oleh Ir. Nurman Abdul Hakim, M.P selaku Ketua Tim PKM Polinela.

Selain itu, ada beberapa anggota tim, termasuk Ir. Nazirwan, M.Si., Dr. Ir. Ratna Dewi, M.P., Onny Chirsna Pandu Pradana, S.P., M.Si., Ari Wahyuni, S.P., M.Si., dan Ria Putri, S.P., M.Si., serta beberapa mahasiswa dari semester 6 Program Studi Teknologi Perbenihan.

Ir. Nurman Abdul Hakim, M.P., sebagai Ketua Tim PKM Polinela, menjelaskan bahwa Provinsi Lampung kaya akan sumber daya genetik durian.

Dengan potensi sumber daya genetik durian lokal yang unggul, Polinela berusaha mengembangkannya melalui kemitraan dengan penangkar benih, produsen bibit, atau kelompok tani.

CV Jaya Mandiri Agro merupakan salah satu mitra dalam pengembangan bibit durian unggul lokal dan telah menjadi sentra produksi bibit tanaman buah yang bersertifikat.

Bibit tanaman buah-buahan yang diproduksi di CV Jaya Mandiri Agro menggunakan metode vegetative, terutama okulasi.

Okulasi dinilai sebagai metode perbanyakan yang efektif dan efisien, menghasilkan bibit lebih banyak dan berkualitas, serta menghemat biaya, tenaga, dan bahan dibandingkan dengan metode lainnya.

Ir. Nurman juga menekankan pentingnya pengembangan durian unggul lokal sebagai upaya melestarikan sumber daya genetiknya.

Ia memberi contoh durian unggul lokal dari Kabupaten Pesawaran yang berhasil meraih juara dalam kontes durian unggul lokal Lampung pada tahun 2020.

Durian-durian tersebut memiliki karakteristik unggul seperti rasa yang enak, daging buah yang tebal, dan manis, sehingga memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

Dia menambahkan bahwa tanaman durian lokal perlu dikembangkan melalui perbanyakan untuk mempertahankan keberadaannya.

Dengan melibatkan mitra seperti CV Jaya Mandiri Agro yang bergerak di bidang pembibitan tanaman buah-buahan, diharapkan pengembangan durian unggul lokal dapat dilakukan dengan lebih maksimal.

Dalam kegiatan PKM ini, Polinela berusaha untuk mentransfer teknologi pengembangan bibit durian unggul lokal kepada masyarakat, khususnya para petani dan penangkar bibit di Lampung.

Dengan demikian, diharapkan peningkatan pengetahuan dan ketrampilan dalam memproduksi bibit durian unggul lokal dapat mendorong pertumbuhan sektor pertanian di wilayah ini dan berkontribusi pada pengembangan ekonomi masyarakat setempat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *