BERITA

Terselip Dibalik Pinjaman: Wanita di Way Serdang Mesuji Memilih Gadaikan Sertifikat Tanah

88
×

Terselip Dibalik Pinjaman: Wanita di Way Serdang Mesuji Memilih Gadaikan Sertifikat Tanah

Sebarkan artikel ini
Modus Pinjam Mau Pemecahan, Wanita di Way Serdang Mesuji ini Malah Gadaikan Sertifikat Tanah
Modus Pinjam Mau Pemecahan, Wanita di Way Serdang Mesuji ini Malah Gadaikan Sertifikat Tanah

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Polres Mesuji kembali menerima laporan kejahatan konvensional, kali ini terkait dugaan tindak pidana penipuan atau penggelapan sertifikat dengan nomor LP/B/64/IV/2024/SPKT/Polres Mesuji/Polda Lampung.

Kejadian ini terjadi di Desa Panca Warna, Kecamatan Way Serdang, Kabupaten Mesuji, pada Mei 2014, sekitar pukul 17.00 WIB.

Pelapor dalam kasus ini adalah Safera Fakta Laksana bin Eko Basuki (alm), yang bermukim di Desa Sinar Banten, Kabupaten Lampung Tengah.

Sementara itu, saksi dalam kasus ini adalah Kunwarti alias Ati, ibu rumah tangga yang juga berasal dari Desa Sinar Banten.

“Pelaku dalam kasus ini adalah Daryanti, perempuan yang tinggal di Desa Panca Warna, Kecamatan Way Serdang, Kabupaten Mesuji. Kasus ini diduga melanggar Pasal 378 dan/atau Pasal 372 KUHP,” ujar Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Umi Fadillah Astutik, pada Jumat (26/4/2024).

Menurut kronologis kejadian, pada hari yang sama pada tahun 2014, Daryanti membeli sebidang tanah beserta bangunan milik orang tua pelapor seharga Rp100 juta.

Namun, pada hari yang sama juga, dia meminjam sertifikat atas nama pelapor dengan alasan untuk pemecahan.

Namun, hingga berjalannya waktu, sertifikat tersebut tidak dikembalikan. “Pada Desember 2023, pelapor mengetahui bahwa sertifikat tersebut digadaikan tanpa seizin dan sepengetahuan pelapor kepada seseorang di Desa Kebun Dalam, Kecamatan Way Serdang, Kabupaten Mesuji. Kerugian yang dialami pelapor akibat kejadian ini mencapai Rp300,” ungkap Kabid Humas.

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Umi Fadillah Astutik, menegaskan komitmen pihak kepolisian dalam menangani kasus serupa untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Kami akan terus mengawal proses hukum demi keadilan bagi korban,” tegasnya.

Sebagai barang bukti, pihak kepolisian telah mengamankan fotokopi Sertifikat Hak Milik Nomor 1862 atas nama Eko Basuki.

Kasus ini masih dalam proses penyelidikan lebih lanjut oleh Polres Mesuji.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *